Stabilkan Harga Cabe; Sudin KPKP Gelar Operasi Pasar

zamzam
Stabilkan Harga Cabe; Sudin KPKP Gelar Operasi Pasar

Jakarta, HanTer - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan operasi pasar untuk menyetabilkan harga cabai di pasaran.

"Hari ini operasi pasar cabai murah diadakan di tiga pasar di wilayah Jakarta Selatan, yakni Pasar Minggu, Pasar Pondok Labu dan Pasar Kebayoran Lama," kata Kasudin KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan kepada ANTARA saat dikonfirmasi, Jumat (7/2/2020)

Hasudungan mengatakan, operasi pasar cabai murah diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian melalui Toko Tani Indonesia Center (TTI) bekerjasama dengan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta dalam rangka menyetabilkan harga cabai dan bawang putih yang saat ini sedang tinggi.

Menurut dia, ini merupakan kegiatan rutin dari Badan Ketahanan Pangan. Khusus saat ini untuk menyetabilkan harga cabai yang tinggi.

"Seperti bawang putih katanya sempat distop pasokannya sehingga menimbulkan psikologis di masyarakat sulit dapatkan bawang putih, makanya hari ini kita adakan operasi pasar," kata Hasudungan.

Ia mengatakan, ada tiga jenis produk yang dijual dalam kegiatan tersebut, yakni cabai rawit merah, cabai keriting merah dan bawang putih.

Dalam kegiatan itu disediakan puluhan hingga ratusan kilogram (kg) cabai dan bawang putih.

Adapun harga jualnya untuk cabai rawit merah dijual Rp50 ribu per kg, cabai keriting merah Rp40 ribu per kg. Untuk bawang putih jenis Kating 500 gram dijual Rp20 ribu dan Honan 500 gram Rp17.500.

Operasi pasar cabai murah ini mendapat respon positif di masyarakat untuk mendapatkan harga cabai dan bawang dengan harga terjangkau dan barang berkualitas.

Seperti di Pasar Kebayoran Lama, petugas menyediakan 90 kg cabai merah keriting dan habis terjual sebanyak 65 kg. Begitu juga cabai rawit merah sebanyak 145 kg yang disediakan diborong pembeli sebanyak 138 kg.

Menurut Hasudungan, ketiga pasar ini merupakan pasar besar di wilayah Jakarta Selatan dan kebanyakan pembelinya merupakan masyarakat menengah ke bawah.

Kehadiran kegiatan ini, lanjut dia, sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan pangan dengan harga murah dan berkualitas.

"Sengaja dijual di pasar tradisional pasti masyarakat beli dengan harga murah dengan kualitas terjamin, pemerintah tidak pernah menjual barang murah tidak berkualitas pasti berkualitas," kata Hasudungan.

Sementara itu, berdasarkan informasi aplikasi Harga Pangan Jakarta, harga jual tiga komoditas tersebut di sejumlah pasar di DKI Jakarta, yakni cabai merah keriting saat ini Rp67.702 per kg, cabai rawit merah Rp88.191 per kg, bawang putih Rp 54.234 per kg. 

#Harga   #cabai