PN Cibinong Vonis Bebas Wanita Pembawa Anjing ke dalam Masjid karena Gangguan Jiwa Berat

Ant
PN Cibinong Vonis Bebas Wanita Pembawa Anjing ke dalam Masjid karena Gangguan Jiwa Berat
Terdakwa tindak pidana penodaan agama, SM (52) saat menjalani sidang di PN Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/2/2020). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Cibinong, HanTer - Pengadilan Negeri (PN) Cibinong Kelas IA memvonis bebas SM (52), wanita yang membawa anjing ke dalam Masjid Al Munawaroh Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meski dinyatakan bersalah melakukan penistaan agama.

Sidang putusan yang dipimpin oleh Hakim Indra Meinantha Vidi pada Rabu (5/2) itu menyatakan bahwa SM dibebaskan dari tuntutan karena mengalami skizofernia paranoid atau gangguan jiwa berat, meski terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana penodaan agama.

PN Cibinong juga mengembalikan sejumlah barang bukti milik SM berupa pakaian putih, celana jeans, dan sepasang sepatu yang dikenakan pada saat kejadian di Masjid Al Munawaroh Sentul.

Diberitakan sebelumnya, jagat dunia maya digegerkan dengan pertengkaran wanita yang membawa seekor anjing ke dalam Masjid dengan jamaah Masjid Al Munawaroh Sentul Kabupaten Bogor, pada Minggu (30/6/2019).

Pada potongan videonya, wanita yang mengenakan baju berwarna putih itu nampak emosional dan berteriak sembari membawa anjing berbulu hitam ketika masuk ke ruang utama Masjid.

"Suami gue mau dikawinin di sini," sebutnya di dalam Masjid dengan tanpa melepaskan alas kaki.

Kemudian pertengkaran terjadi antara SM dengan salah satu jamaah ketika SM menurunkan anjingnya ke karpet Masjid, dan berupaya merekam beberapa jamaah yang mencoba mengusirnya.