Arsitek Revitalisasi: Tidak Ada Rencana Penebangan Pohon di Kawasan Monas

zamzam
Arsitek Revitalisasi: Tidak Ada Rencana Penebangan Pohon di Kawasan Monas

Jakarta, HanTer - Arsitek pemenang desain revitalisasi Monumen Nasional (Monas), Deddy Wahjudi angkat bicara ihwal polemik penebangan pohon yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam renovasi salah satu ikon Ibu Kota tersebut.


Deddy menyebut, dirinya dalam mengusung konsep revitalisasi itu tak mengimbau untuk melakukan penebangan pohon di sana.

"Kalau kami di sana dalam pengambilan keputusan bisa menyarankan bahwa biar aja plaza melebar tapi pohon-pohon tetap dipertahankan," kata Deddy di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Menurutnya, kemungkinan yang melakukan penebangan itu merupakan usulan dari kontraktor. Namun, pihaknya tak ingin menduga terlalu jauh terkait persoalan tersebut.

"Mungkin timnya berbed, sehingga kontraktor melihat itu begitu saja, tutup mata, gitu, sehingga ya sayang aja. kita menyayangkan," ujarnya.

Ia menambahkan, bila ada pihak yang sudah merevisi desain revitalisasi Monas yang ia buat, maka kedepannya kawasan hutan Monas yang digunduli harus ditanami kembali.

"Jadi kalau memang ada yang merevisi desain, itu yang menambahkan pohon lagi di area yang sama," katanya.

Saat itu, lanjut dia, dirinya malahan membuat konsep agar ruang terbuka hijau (RTH) di Monas bertambah. Di mana kin terhitung hanya 50 persen, nantinya bisa menjadi 64 persen.

"Konsep hubmle, konsep kesederhanaan dalam merespon alam. Jadi bangunan baru tidak boleh lebih dominan dari Monas yang hanya dominan lain hanya RTHnya. Justru menambahkan meter persegi lahan hijau daripada pengkerasan dan temuan kota terakhirnya, di kompetisi naik jadi 64 persen RTH nya. eksistingnya kan 50 persen," kata dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melakukan revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas). Imbas dari renovasi Monas, sebanyak 190 pohon di sisi selatan harus dipindahkan ke ke area Barat, Timur, serta area parkir kendaraan yang selama ini berada di kawasan Medan Merdeka, atau dikenal dengan eks parkir IRTI.

"Saat ini proses revitalisasi mulai dilaksanakan di area Plaza Selatan seluas 34.841 m2. Ada 190 pohon di area Selatan, yang akan dilakukan pemindahan," kata Kepala Unit Pengelola Monas, Muhamad Isa Sanuri dalam keterangan tertulis, Selasa 21 Januari 2020.