Polres Bekasi Minta Pemilik Lahan Parkir Perbanyak CCTV

zamzam
Polres Bekasi Minta Pemilik Lahan Parkir Perbanyak CCTV

Cikarang, HanTer - Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi meminta segenap pemilik lahan parkir di wilayah hukumnya untuk memperbanyak pemasangan kamera pengintai Closed Circuit Television (CCTV).

"Baik itu di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, maupun fasilitas umum lainnya agar menambah kamera CCTV untuk meningkatkan sistem keamanan," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, Jumat (31/1/2020).

Menurut Kapolres keberadaan CCTV di berbagai sudut lahan parkir penting untuk mencegah ataupun menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan seperti aksi pencurian kendaraan ataupun onderdil mobil yang sempat viral di media sosial belum lama ini.

"Kita akan buat komitmen atau kerja sama dengan para pengelola parkir agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti memasang atau menambah CCTV," katanya.

Pihaknya juga akan menggandeng pengelola kawasan industri yang ada di Kabupaten Bekasi agar melakukan hal serupa di sejumlah titik yang menjadi pusat keramaian di wilayahnya masing-masing.

"Termasuk juga dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Dan menurut informasi Pak Bupati, sejumlah titik pada ruas jalan utama yang biasa dilalui masyarakat, termasuk pelaku kejahatan itu akan dipasang CCTV. Sekarang sedang diinventarisir dan anggarannya juga sedang dibahas," kata dia.

Hendra juga mengimbau seluruh perangkat pemerintahan di desa untuk kembali mengaktifkan kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan atau Siskamling guna meminimalisir aksi kriminal.

"Kalau di bawah (desa) bisa mengoptimalkan Siskamling dan ronda malam Insya Allah wilayah kita akan lebih aman dan tentunya kami merasa sangat terbantu," ungkapnya.

Kepada para pengendara motor Hendra juga mengimbau agar lebih waspada saat memarkirkan kendaraan serta melengkapinya dengan sistem keamanan berlipat.

"Modus pencurian kendaraan kini makin bervariasi, kita sebagai pemilik kendaraan juga harus bisa lebih berhati-hati saat parkir. Sedapat mungkin diusahakan masih terjangkau oleh pandangan mata, kalau perlu pasang kunci roda dan kunci setir, alarm tetap aktif," kata dia.