Riza Patria dan Nurmasyah Siap Beradu Dalam Fit and Proper Test

sammy
Riza Patria dan Nurmasyah Siap Beradu Dalam Fit and Proper Test

Jakarta, HanTer - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengatakan proses penentuan wakil gubernur terpilih tinggal sebentar lagi. Setidaknya, pada awal bulan Februari, akan digelar dua agenda terkait proses pemilihan wagub DKI.

Taufik menjelaskan, pada Selasa tanggal 4 Februari 2020 DPRD DKI akan menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk memantapkan tata tertib soal proses pemilihan tersebut. Lalu, pada tanggal 6 Februari 2020, digelar rapat paripurna agenda pengesahan tata tertib dan pembentukan panitia pemilihan (panlih) wagub DKI.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menyampaikan surat rekomendasi dua nama cawagub ke DPRD DKI.

Dua nama itu adalah Ahmad Riza Patria asal Gerindra dan Nurmansyah Lubis dari PKS. Kedua nama ini nantinya akan dipilih melalui voting dalam rapat paripurna DPRD DKI.

Siap Diadu

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengaku siap mengikuti fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) sebagai proses pemilihan pengganti Sandiaga Uno. Riza menegaskan, dirinya bakal patuh menjalankan semua proses penetapan orang nomor dua di DKI Jakarta asalkan sesuai dengan aturan dan mekanisme perundang-undangan.

"Apakah uji publik apakah uji kepatutan fit and proper test, apa pun, kita harus siap," ucap Riza Patria di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Menurutnya, uji publik atau uji kepatutan dan kelayakan merupakan hal yang baik agar warga DKI dapat menilai sosok yang nantinya akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menjalankan pemerintahan di Jakarta.

"Saya kira itu sesuatu baik. Karena kan perlu diketahui secara detail jelas terbuka," kata dia.

Disisi lain Cawagub DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansjah Lubis menyatakan siap diadu dalam debat terbuka dengan rivalnya, politikus Partai Gerindra Ahmad Riza Patria. Tujuannya, agar masyarakat mengetahui kualitas cawagub yang akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kami siap dan kami dukung, walaupun dipilihnya di internal (DPRD DKI), tapi publik kan harus tahu, kira-kira Bang Ancah (sapaan Nurmansjah) bisa enggak review mendalam APBD," ujar Nurmansjah di Jakarta, Kamis (30/1/2020).