Jakarta Kembali Raih Penghargaan, Pengamat: Mau Kritik Anies Harus Pakai Data Benar

Harian Terbit/Sammy
Jakarta Kembali Raih Penghargaan, Pengamat: Mau Kritik Anies Harus Pakai Data Benar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kerap jadi sasaran kritikan, nyinyiran, bahkan bully-an. Padahal, tak semua bully yang menyasar Anies berdasarkan latar belakang fakta dan data yang valid. Terlebih, berbagai penghargaan sebagai bukti apresiasi kerap diperoleh dimasa pemerintahan Anies Baswedan.

Adapun dengan banyaknya politisi yang salah sasaran mem-bully Anies, dosen Komunikasi dan Marketing Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad,.menilai, masyarakat di Indonesia tidak bodoh terhadap segala bully-an yang dialamatkan kepada Anies. Terlebih, di era digital saat ini sudah banyak data dan fakta tersebar di internet.

"Ya (harus jadi pelajaran, red), saya kira masyarakat kita makin hari makin tidak bodoh, bisa milah-milah (informasi)," ucap Nyarwi Ahmad di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Sehingga, Nyarwi menyarankan kepada para politisi yang ingin mengkritik Anies, harus mencari data dan fakta yang benar lebih dulu. Tidak asal nyinyir.

"Artinya orang bisa melihat kelemahan Anies pasti, tapi juga bisa mengapresiasi kinerja yang dilakukan. Kalau mau kritik kelemahan Anies tentu harus berbasis pada fakta yang lebih akurat lah," tegasnya.

Raih Penghargaan

Disisi lain, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang dipimpin Gubernur Anies Baswedan kembali meraih penghargaan dari dunia internasional atas prestasinya di bidang transportasi. Komite Sustainable Award (STA) yang secara resmi mengundang DKI Jakarta, Indonesia dan Pune, India sebagai Honorable Mention atas penganugerahan dan pemenang Sustainable Transport Award 2020.

Penghargaan tersebut diberikan atas usaha kedua kota ini mengimplementasikan transportasi berkelanjutan di kotanya.

Malam penganugerahan STA 2020 diselenggarakan di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC, pada Selasa (14/1) waktu setempat, dalam sebuah seremoni di mana delegasi dari kedua kota hadir menerima penghargaan tersebut.

Pemprov DKI mengirimkan delegasi yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda, Dr Sri Haryati; Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo; dan Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri, Hari Wibowo.

"Penghargaan ini akan menjadi motivasi lebih bagi Jakarta untuk semakin mengembangkan sistem transportasi terintegrasi agar Jakarta menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali warganya," kata Sri dalam keterangannya.

Malam Penghargaan Sustainable Award 2020 merupakan bagian dari 17th Annual Transforming Transportation Conference' di mana delegasi dari Pemprov DKI juga akan mempresentasikan perkembangan transportasi di Jakarta dalam sesi panel Transforming Transportation' pada tanggal 16 Januari 2020 di lokasi yang sama.

Diketahui selama 15 tahun, Sustainable Transport Award telah memberikan apresiasi bagi kota-kota di dunia yang mengimplementasikan strategi inovatif dalam isu transportasi perkotaan berkelanjutan seperti sistem transportasi massal, fasilitas pejalan kaki dan pesepeda serta manajemen parkir.

Komite Sustainable Transport Award terdiri dari para ahli dan organisasi skala internasional yang sudah malang melintang di bidang transportasi berkelanjutan

Dengan diterimanya penghargaan ini semakin membuktikan kinerja Gubernur Anies dalam mewujudkan transportasi di Jakarta menjadi transportasi berkelas dunia yang memiliki keunggulan dari segi ekonomis dan efisiensi subsidi anggaran.

Apresiasi

Adanya penghargaan oleh Pemprov DKI kerap diapresiasi oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani.

"Kita apresiasi kinerja baik dari Gubernur dan jajaran. Kerja keras tidak akan membohongi hasil," ujar Zita di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Tak hanya Zita, apresiasi juga diungkapkan oleh Ketua GL-Pro 08, Jimmy CK. Ia mengucapkan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan atas keberhasilan Jakarta sebagai pemenang Honorable Mention 2020 yang diberikan oleh Komite Sustainable Award (STA).

"Selamat kepada Pak Anies selaku Gubernur DKI Jakarta yang telah meraih penghargaan bergengsi dari Komite Sustainable Award (STA). Dimana Jakarta sebagai pemenang Honorable Mention," kata Jimmy di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

"Alhamdulilah, di bawah kepemimpinan Pak Anies Jakarta bisa meraih penghargaan ini. Inilah wujud dari slogan Maju Kotanya, Bahagia Warganya. Inilah wujud kerjasama antarwarga bersama seluruh aparatur Pemprov DKI," tutur Jimmy.