Bakesbangpol Rekruitmen Anggota; FKDM Bantu RT/RW Jaga Keamanan 

sammy
Bakesbangpol Rekruitmen Anggota; FKDM Bantu RT/RW Jaga Keamanan 

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) saat ini sedang melakukan rekruitmen Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Ketua Lembaga Kajian Strategis Kepolisian, Edi Hasibuan menyatakan perekrutan FKDM tersebut patut didukung penuh. Pasalnya, dengan keberadaan FKDM bisa membantu tugas Babinkamtibmas Polri dan Babinsa TNI.

"Tujuan dibentuknya FKDM ini untuk melakukan deteksi dini terhadap berbagai ancaman yang muncul, termasuk deteksi gangguan kamtibmas seperti teror dan kejahatan lainnya. Oleh karenanya kalau tujuannya untuk memberi rasa aman harus kita dukunglah,"ujar Edi kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/11/2019).

Mantan Kompolnas ini menyebutkan, kehadiran FKDM juga dapat membantu RT dan RW dalam menjaga keamanan wilayahnya masing-masing.

Menyinggung soal kriteria orang-orang yang akan ditempatkan di FKDM, Edi menyebutkan, tentunya orang-orang yang duduk di FKDM adalah orang-orang yang pernah belajar dan mengikuti bela negara.

"Jadi memang perekrutan FKDM ini tak boleh asal-asalan, karena seorang anggota FKDM ini harus bisa berkomunikasi baik dengan seluruh lapisan masyarakat," terangnya.

Tak hanya itu, Edi pun mengingatkan pengelola FKDM tidak boleh dikelola asal-asalan, karena ada pengunaan anggaran pemerintah.

"Yang jadi masalah saat ini banyak muncul kejahatan tapi tidak terdeteksi dari wilayah secara dini. Keamanan tidak hanya bisa diandalkan dari Polisi dan TNI aja yg jumlahnya terbatas.

"Kita harapkan mereka yang masuk dalan FKDM ini akan menjadi intelijen sipil dari lingkungan masing-masing," harapnya.


Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Inggard Joshua, menyebutkan, untuk mendeteksi dini gangguan masyarakat keberadaan FKDM ini sangat diperlukan.

"Kami di DPRD DKI sangat mendukung adanya perekrutan anggota FKDM ini. Tentunya dalam rekrutmen ini pun harus diseleksi ketat sehingga bisa menghasilkan orang-orang yang layak duduk di FKDM," ujar Inggard di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (4/12/2019).

Apalagi kata Inggard, pembentukan FKDM ini memang tertuang dalam peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) No.46 tahun 2019.

"Jadi, memang perekrutan FKDM harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Nah untuk DKI Jakarta saat ini hanya tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur. Sebab dari edaran surat Kemendagri, SK tentang FKDM ditunggu keluar sampai 30 Desember mendatang,"paparnya.

Dengan demikian, kata Inggard, proses rekruitmen yang sudah dibuka oleh Bakesbangpol sebaiknya dijalankan saja sampai menungu turunnya SK dari Gubernur.

"Saya kira proses rekutmen FKDM yang sedang dijalankan Bakesbangpol tidak masalah untuk jalan terus. Sebab saya dapat kabar proses pembentukan SK nya sudah ditindaklanjuti oleh Asisten Pemerintah DKI untuk disampaikan kepada gubernur," pungkasnya.

#RT   #an   #RW