Polisi Cokok Enam Pembobol Koper Pembalap Robby Sakera

Danial
Polisi Cokok Enam Pembobol Koper Pembalap Robby Sakera
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus

Jakarta, HanTer - Tim buru sergap (Buser) Polda Metro Jaya berhasil mencokok enam porter Bandara Soekarno Hatta yang mencuri pakaian balap milik Muhammad Murobbil Vitoni (Robby Sakera).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, porter yang ditangkap berinisial IC, REP, TP, IS, AS, dan YY. Mereka mengambil pakaian balap yang akan digunakan Robby dalam kompetisi di Jepang pada 24 Juni 2019.

"Saat korban pergi ke Jepang, dia merasa kehilangan barang berupa satu set race suit dengan total kerugian Rp18 juta," ujar Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (22/11/2019).

Yusri menjelaskan, pelaku membobol koper Robby menggunakan pulpen. Pelaku menusuk resleting koper hingga terbuka.

Selain mencuri pakaian balap, Yusri mengatakan bahwa pelaku yang sama pernah menggasak uang tunai milik penumpang. Mereka juga menggunakan modus yang sama.

"(Pelaku) mengambil uang tunai sekitar Rp10 juta dan 1.000 ringgit Malaysia," beberrnya.

Lanjut Yusri, pelaku tidak menargetkan penumpang tertentu sebagai sasaran kejahatannya. Mereka mengambil koper secara acak.

"Mereka random saja, enggak akan berhenti sampai di sini, masih akan didalami," pungkasnya.

Kini para pelaku segera digiring Buser ke ruang tahanan dan dijerat Pasal 386 dan Pasal 480 Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.