BPJS Kesehatan Kekuarangan 22 Mitra Klinik Pratama untuk Kecamatan Cilincing dan Pademangan 

Anugrah
BPJS Kesehatan Kekuarangan 22 Mitra Klinik Pratama untuk Kecamatan Cilincing dan Pademangan 
Kepala BPJS Kesehatan Jakarta Utara, Parasamya Dewi Cipta

Jakarta, HanTer - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jakarta Utara masih kekurangan 22 mitra klinik pratama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Pasalnya, keberadaan FKTP di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu masih terbatas jumlahnya.

Kepala BPJS Kesehatan Jakarta Utara, Parasamya Dewi Cipta mengatakan, untuk melayani peserta BPJS Kesehatan di Jakarta Utara, jumlah FKTP idealnya sebanyak 147 FKTP. Namun, saat ini hanya tercatat 125 FKTP.

"Jadi, kita masih kekurangan 22 FKTP khusunya untuk Klinik Pratama di wilayah kecamatan Cilincing dan Kecamatan Pademangan yang jumlah pesertanya cukup banyak," ujar Parasamya, di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Dari data BPJS Kesehatan Jakarta Utara tercatat jumlah  FKTP di Jakarta Utara yakni 55 Puskesmas, 52 Klinik Pratama, 17 Klinik TNI/Polri, dan 1 Dokter Praktek Perorangan (DPP).

"Di Kecamatan Pademangan tercatat hanya ada 2 klinik pratama padahal di kecamatan lainnya terdapat 9-10 klinik pratama. Sedangkan di Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan tidak memiliki klinik pratama dan hanya dilayani masing-masing 3 puskesmas," tambah Parasamya.

"Untuk itu kami masih mencari mitra Klinik Pratama yang persyaratannya diantara memiliki Surat Izin Operasional Klinik Pratama, dua dokter umum yang memiliki SIP (Surat Izin Praktek), satu dokter gigi yang memiliki SIP (opsional), memiliki jejaring apotek dan bidan sesuai, serta NPWP Badan seusai Permenkes Nomor 71 Tahun 2013," tambahnya.