Aksi Ratusan Massa Koalisi Mahasiswa Peduli Bangsa Diduga Dibubarkan Sekelompok Preman

Sammy
Aksi Ratusan Massa Koalisi Mahasiswa Peduli Bangsa Diduga Dibubarkan Sekelompok Preman
Demonstrasi Koalisi Massa dan Mahasiswa (ist)

Jakarta, HanTer - Ratusan massa dari Koalisi Mahasiswa Peduli Bangsa melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung RRI di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019). Namun, aksi tersebut dibubarkan paksa sekelompok orang yang diduga preman.

Adapun pada awalnya, para mahasiswa melakukan aksi longmarch dari depan Gedung Kementerian Pertahanan menuju Istana Negara. Dalam aksinya tersebut, massa menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberantas mafia kartel nikel dan mencopot Kepala BKPM.

Namun saat sedang menggelar orasi di atas mobil, sejumlah orang yang diduga preman membubarkan paksa aksi mahasiswa. Bahkan, mereka juga merampas spanduk penolakan yang dibentangkan peserta aksi unjuk rasa.

"Kami tidak tahu darimana datangnya orang-orang ini. Mereka tiba-tiba menyerbu kami. Menendang-nendang mobil komando dan mengintimidasi massa aksi kami," kata Koordinator Lapangan Koalisi Mahasiswa Peduli Bangsa Rahmat Himran.

Guna menghindari bentrokan, petugas kepolisian yang mengawal aksi demo langsung melakukan mediasi kepada sejumlah orang tersebut.

Ketiga Kali
Disisi lain, Panglima Koalisi Mahasiswa Peduli Bangsa Afwan Miharbi, mengungkapkan, peristiwa penyerbuan ini sudah yang ketiga kalinya dialami.

"Jumat minggu lalu massa kami juga diserbu orang-orang ini. Bahkan ada kawan kami yang dipukuli. Kemudian hari Kamis, saat kami deno di KPK juga diganggu kelompok yang sama. Dan hari ini terulang kembali," kata Afwan.

#Aksi   #massa   #koalisi   #mahasiswa   #bubar   #preman