Sambut Musim Penghujan, Jakarta Pusat Siaga Ancaman Banjir dan DBD

sammy
Sambut Musim Penghujan, Jakarta Pusat Siaga Ancaman Banjir dan DBD

Jakarta, HanTer - Musim hujan sudah mulai menyapa. Dan untuk menghadapi masalah banjir yang hingga kini masih menghantui ibukota, pemerintah kota administrasi Jakarta Pusat langsung mengambil sejumlah langkah termasuk melakukan apel gabungan siaga banjir.

Diikuti 2300 perserta, apel dilakukan bersama dengan Basarnas, PPSU, FKDM, Polres Jakpus, PMI Jakpus, Kodim Jakpus, Sudin Bina Marga, Sudin Perindustrian dan Energy Jakpus dan Damkar.

"Apel perdana, kita lakukan di Jakpus karena merupakan jendela Ibukota. Jakpus merupakan Pusat pemerintahan dan ekonomi. SDA sudah melakukan upaya penanggulangan bencana, seperti pengerukan waduk, sungai dan saluran hingga ke kampung-kampung," ujar kepala Dinas SDA, Juaini di lokasi acara.

Menurutnya, untuk penanggulangan banjir SDA memiliki alat total 400 unit dan satgas sebanyak 8000 personil. Secara umum sejak Juni lalu, SDA sudah melakukan pengerukan guna penanggulangan banjir pada semua titik di Jakarta.

"Dan itu kita lakukan terus-menerus hingga musim penghujan tiba," bebernya.

Terkait dengan penanggulangan banjir pada wilayah yang dianggap strategis, pemerintah tidak ingin terjebak pada satu titik.

"Buat kita semua kawasan strategis. Meski kita juga akan fokus terhadap sarana vital di Jakarta. Karena kita khawatir akan berimbas pada objek lainnya," tandasnya.

Sementara itu, Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengharapkan jajarannya tidak hanya fokus pada persoalan banjir. Situasi dan kondisi masyarakat perlu juga mendapatkan perhatian khusus, dalam menyongsong musim penghujan.

Wabah demam berdarah dan persoalan lainya yang mengancam pada saat musim hujan perlu mendapatkan perhatian khusus.

#Hujan   #jakarta   #banjir