183 Warga Ngungsi

Rumah Terbakar, Warga Bidaracina Histeris `Pak Haji Pingsan, Tolong…`

Sammy/Antara
Rumah Terbakar, Warga Bidaracina Histeris `Pak Haji Pingsan, Tolong…`

Sejumlah warga RW 02 Jalan Otista Raya 2, Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, histeris saat mengetahui rumah tinggalnya terbakar, Senin sore.
 
Kepanikan melanda korban kebakaran di lokasi pengungsian SDN Bidaracina 03 Pagi yang berada di Jalan Setia Nomor 10 Jatinegara.
 
Salah satu pria lanjut usia histeris dan sempat tidak sadarkan diri di lokasi tenda pengungsian.
 
"Pak Haji pingsan, Pak Haji pingsan. Tolong," teriak salah satu keluarga di antara kerumunan pengungsi korban kebakaran.
 
Tim dengan rompi merah Palang Merah Indonesia (PMI) langsung memberikan pertolongan dengan menenangkan korban dan meminta seluruh warga menjauh dari kerumunan.
 
Salah satu keluarga dari Pak Haji pingsan setelah mengetahui ayahnya tidak sadarkan diri. "Itu bapak saya. Ya Allah," katanya.

Petugas langsung mengevakuasi kedua korban menuju tenda pengungsian untuk memberikan perawatan.

Isak tangis juga mewarnai area tempat pengungsian yang kini ditempati warga dari kalangan orang tua hingga balita.

183 Warga Ngungsi
 
Sekitar 183 jiwa warga di Jalan Otista Raya 2 RT12 RW02, Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, kehilangan tempat tinggal imbas kebakaran, Senin sore. "Kebakaran terjadi sekitar pukul 15.00 WIB di tiga RT RW02," kata Kasi Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman.
 
Rumah yang terbakar berada di RT 08 sebanyak 27 rumah yang dihuni 40 kepala keluarga, RT 09 sebanyak 21 Rumah yang dihuni 35 kepala keluarga dan di RT12 sebanyak empat rumah yang dihuni satu kepala keluarga.
 
Total rumah tinggal yang terbakar 51 bangunan rumah tinggal yang hingga kini masih diselidiki penyebabnya.
 
"Api dan asap tiba-tiba terlihat membumbung tinggi, saya langsung telepon damkar," kata salah satu korban kebakaran, Sobirin.

Tim Damkar dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur mengerahkan total 110 personel berikut 22 unit mobil pompa pemadaman api.
 
Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam sejak petugas tiba di lokasi kejadian.
 
Belum diketahui kerugian materi maupun korban dalam insiden kebakaran kali ini.