KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 ZONA ASIA

Lawan Vietnam Misi Akhir Garuda Jaga Reputasi

Eka
Lawan Vietnam Misi Akhir Garuda Jaga Reputasi
Dua pemain Timnas Indonesia menjalani latihan (Dok.PSSI).

Gianyar, HanTer - Peluang Timnas Indonesia untuk melangkah ke babak tiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia rasanya tertutup. Itu tak lepas setelah tim asuhan pelatih Simon McMenemy menuai kekalahan beruntun dalam tiga laga yang telah dilalui.

Pertama, mereka dibungkam Malaysia dengan skor tipis nan menyakitkan 2-3 di kandang sendiri. Kemudian di susul dengan kekalahan 0-3 oleh Thailand di tempat yang sama, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Lalu giliran Uni Emirat Arab yang menambah pundi penderitaan skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia setelah tim asuhan McMenemy dipaksa menyerah dengan skor akhir lima gol tanpa balas di Al Maktoum, Dubai, 10 Oktober lalu.

Rentetan hasil negatif membuat posisi Indonesia tak bergerak di dasar klasemen sementara Grup G dengan nol poin. Hal itu pun turut menyulitkan langkah Garuda untuk melaju ke fase berikutnya, yakni babak atau putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Kini Indonesia akan mengarungi pekan keempatnya. Dimana Alberto Goncalves dan kawan-kawan menghadapi Vietnam. Kedua kesebelasan sama-sama bertekad membidik kemenangan ketika bentrok di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019) petang WIB.

Bagi Vietnam, kemenangan akan menjaga kans mereka melaju ke tahap berikutnya. Sebab saat ini mereka bercokol di peringkat tiga dengan mengemas empat poin dari dua laga yang telah dilalui. Vietnam mempunyai angka sama dengan Thailand di peringkat dua serta hanya tertinggal dua angka dari UEA selaku pemuncak Grup G.

Lain cerita dengan Indonesia. Meski peluang lolos ke fase berikutnya nyaris dikatakan tertutup, setidaknya mereka tetap menuai asa untuk memetik kemenangan saat berhadapan versus Vietnam di kandang sendiri. Ya, tiga angka akan menjaga reputasi mereka didepan publik sendiri.

McMenemy mengatakan bahwa dirinya merasakan tekanan di timnas Indonesia. Bukan hanya saat ini melainkan sejak menyetujui kontrak untuk menangani skuat berjuluk Garuda yang disodorkan oleh PSSI. 

“Tidak mudah mewakili lebih dari 250 juta penduduk Indonesia. Jadi setelah tanda tangan kontrak, pasti ada tekanan,” ujar Simon seperti dikutip laman Antara, kemarin.

Pelatih asal Skotlandia itu menganggap bahwa tekanan tidak timbul karena tiga kekalahan beruntun di Grup G Kualifikasi Piala Dunia tahun 2022 zona Asia. Menurutnya menjadi pelatih timnas Indonesia tidak pernah gampang. 

Harapan masyarakat untuk skuat berjuluk Garuda begitu tinggi, sehingga tidak jarang pelatih menjadi ‘sasaran tembak’ ketika performa timnas tidak maksimal. 

“Kalau menang mereka bilang saya pelatih bagus. Seandainya tidak, penilaian sebaliknya. Jika pekerjaan ini mudah, Indonesia sudah juara Piala AFF sejak dahulu,” kata dia.

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Selasa, 15 Oktober 2019
WAKTU: 18.30 WIB
LIVE: TVRI
TEMPAT: I Wayan Dipta

KLASEMEN SEMENTARA (GRUP G)
POS*TIM*MAIN*M*S*K*GM-GK*P

1*UE Arab*2*2*0*0*7-1*6
2*Thailand*2*1*1*0*3-0*4
3*Vietnam*2*1*1*0*1-0*4
4*Malaysia*3*1*0*2*4-5*3
5*Indonesia*3*0*0*3*2-11*0

#timnas   #indonesia   #vietnam   #simon   #gianyar   #pialadunia   #2022