Gas Bocor, 40 Rumah Terbakar

Ratusan Warga Cawang Mengungsi

Harian Terbit/Sammy
Ratusan Warga Cawang Mengungsi
Kebakaran Cawang. Foto: MedCom.id

Jakarta, HanTer - Kebakaran melanda Kampung Dalam, Cawang, Jakarta Timur, Rabu malam. Kebakaran menghanguskan 40 rumah tinggal semi permanen. Ratusan korban kebakaran terpaksa mengungsi.

"Jumlah warga yang rumahnya terbakar ada 100-an orang yang tergabung dalam 60 kepala keluarga di RT 04 dan RT 05," kata Ketua RT 05 Muhammad Yusuf kepada ANTARA di Jakarta.

Menurut dia, rata-rata rumah yang terbakar dihuni tiga kepala keluarga (KK) yang berprofesi sebagai pemulung, pengendara ojek online hingga pegawai swasta di Jakarta.

Kebakaran yang berlokasi tepat di belakang Apartemen Signature Park Jalan MT Haryono, Cawang, terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. "Kejadiannya persis setelah Maghrib. Kebetulan saya sedang kerja ditelepon warga, rumah saya kebakar," katanya.

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menduga pemicunya adalah kebocoran selang regulator gas.

Korban

Akibat kebakaran, sedikitnya tiga warga di RW 01 dilarikan ke rumah sakit. "Laporan dua jam pascakejadian ada tiga warga yang terluka. Tapi kami masih inventarisasi identitas serta lukanya," kata Camat Kramat Jati Eka Darmawan, saat meninjau lokasi kejadian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, korban seluruhnya adalah pria berusia muda dan orang tua.

Salah satu di antaranya menderita patah kaki karena melompat dari atap rumah saat mencoba memadamkan api. Sementara dua lainnya menderita sesak nafas karena kepulan asap kebakaran.

"Korban saat ini dibawa ke Rumah Sakit Budi Asih Cawang oleh petugas Puskesmas Cawang," katanya.