Anggota DPR Harus Jaga Amanah Rakyat

Safari
Anggota DPR Harus Jaga Amanah Rakyat
Ilustrasi Sidang Paripurna DPR RI

Jakarta, HanTer - Sebanyak 575 wakil rakyat periode 2019-2024 yang telah diambil sumpah atau janjinya pada 1 Oktober 2019 lalu harus bergandengan tangan melakukan perubahan bagi negara dan bangsa ke arah yang lebih baik. Para wakil rakyat tersebut juga harus menjadi teladan dalam segala aspek kehidupan sehingga bisa menepis kritikan dari berbagai golongan dan lapisan masyarakat.

“Jangan sampai tumbuh sikap apatis dari publik terhadap lembaga DPR RI. Anggota DPR terpilih Periode 2019-2024 harus memegang teguh janji dan menjalankan tugas sebagai wakil rakyat yang amanah. Apa yang disuarakan rakyat belakangan ini harus menjadi perhatian," ungkap Anggota DPR Delmeria Sikumbang di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Anggota Fraksi Partai NasDem ini menambahkan, proses komunikasi antara wakil rakyat dengan rakyatnya juga perlu di benahi, untuk menumbuhkan kembali rasa optimis rakyat terhadap wakil rakyatnya yang baru. “Ke depan kita juga harus mempererat keterlibatan rakyat terhadap semua proses pembuatan kebijakan publik. Sehingga kebijakan publik sesuai dengan kehedak publik,” tuturnya.

Delmeria berjanji akan menjadi tetap amanah mengemban aspirasi rakyat yang diwakilinya di daerah pemilihan Sumatera Utara II. Delmeria berhasil memperoleh suara sebanyak 68.097 suara pada Pemilihan Legislatif 2019 lalu. Perolehan suara tersebut berhasil mengantarkan Delmeria menjadi Anggota DPR Periode 2019-2024.

Sementara itu Anggota DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marthen Douw mengatakan akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat Papua yang diwakilinya. Sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Papua terpilih ini, ia menyatakan siap menjalankan amanah rakyat dengan sepenuh hati.

“Sebagai wakil rakyat dari Papua, saya (adalah) Papua. Saya pergi (ke Senayan) untuk kembali (ke Papua). Pergi memperjuangkan aspirasi dan kembali untuk rakyat Papua,” tegasnya.

Dunia politik memang bukan hal yang baru bagi politikus kelahiran Nabire, Papua ini. Meski terbilang masih muda yaitu 29 tahun, Marthen pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Nabire periode 2014 - 2019. Berbekal mengantongi 151.994 perolehan suara di dapil Papua, Marthen menyatakan siap menjalankan amanah sepenuh hati.

Selama 5 tahun ke depan, Marthen akan fokus terhadap isu- isu terkait Papua seperti masalah Hak Asasi Manusia (HAM) untuk mengembalikan hak dan martabat masyarakat Papua. Ia juga berharap, diberikan ruang untuk aspirasi masyarakat Papua dan kesempatan yang sama seperti lainnya bisa terwujud. “Di Papua banyak persoalan, ya karena persoalan itu saya pergi untuk kembali,” tandasnya.