Anies Minta DPRD Baru Pilih Wagub yang Lama Kosong

Sammy
Anies Minta DPRD Baru Pilih Wagub yang Lama Kosong

Jakarta, HanTer - Pimpinan DPRD definitif periode 2019-2024 telah diumumkan. Terkait hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengutarakan keinginannya agar kursi Wakil Gubernur (Wagub) DKI yang telah lama kosong dibahas agar segera terisi.

Adapun sejak periode lalu, DPRD Jakarta tak kunjung merampungkan pembahasan pengganti Sandiaga Uno itu. Ia ingin DPRD baru mengagendakan pemilihan Wagub dengan segera dan menjadi agenda prioritas.

"Tentu pembahasan Wagub juga (urgent, red), karena itu diperlukan segera dan mudah-mudahan bisa masuk dalam agenda cepat," ujar Anies di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

Selain Wagub, Anies juga menginginkan adanya percepatan pembahasan soal aturan lainnya yang sudah menumpuk. Salah satunya adalah soal tata ruang. "Rencana Detail Tata Ruang, itu perlu dibahas. Ada 3-4 yang urgent, mudah-mudahan cepat," pungkasnya.

Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing menyayangkan terlalu lama kosongnya posisi Wagub DKI. "Terus terang itu sudah sangat lama," ujar Emrus di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Terlebih ia melihat pelayanan publik di Ibu Kota cukup terbengkalai pasca Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bekerja sendiri. "Sudah hampir satu tahun belum tuntas. Nah saya lihat pelayanan publik di Jakarta sedikit kedodoran," ungkap Emrus.

Pelayanan masyarakat menjadi tidak maksimal karena pengawasannya tidak ketat.

Melihat pelayanan publik yang kedodoran, Emrus menilai hal itu bukan sepenuhnya kesalahan Anies. Melainkan anggota Dewan Kebon Sirih. "Saya terus terang mengatakan ini bukan kesalahan Anies. Kedepan, kalau ada yang kurang tentang pelayanan publik atau apapun pekerjaan Pemprov jangan salahkan Anies.

"Tentu ya kita perlu kritisasi DPRD kok sampai sekarang belum diangkat itu kan. Karena bagaimana pun Wagub itu adalah patner kerja dari Gubernur Anies untuk melakukan pelayanan," tambah Emrus.

Oleh karena itu, Emrus mendesak anggota dewan baru agar segera merampungkan proses pemilihan Wagub yang molor terus.

Diketahui posisi Wagub DKI sudah kosong selama setahun lebih sejak 10 Agustus saat Sandiaga Uno mengundurkan diri untuk maju di Pilpres 2019 lalu.