Operasional KRL Sudah Normal, Transjakarta Hentikan dan Alihkan Sejumlah Rute

Harian Terbit/Alee
Operasional KRL Sudah Normal, Transjakarta Hentikan dan Alihkan Sejumlah Rute

PT TransJakarta harus menghentikan dan mengalihkan sementara rute-rute bus, Kamis, karena ada penutupan jalan di sekitar gedung DPR RI terkait aksi massa.

"Sehubungan dengan adanya penutupan jalan di gedung DPR/MPR, untuk rute 1F (Stasiun Palmerah - Bundaran Senayan) dan rute 1B (Stasiun Palmerah - Tosari) dihentikan sementara," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Hubungan Masyarakat PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya di Jakarta.

Untuk rute T11 (Bundaran Senayan - Poris Plawad) sementara mengalami perpendekan rute menjadi Grogol 2-Poris Plawad. "Ini juga dikarenakan adanya penutupan jalan," kata Nadia.

Sementara itu, koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) tidak melewati Halte Semanggi sampai dengan RS Harapan Kita untuk kedua arah dikarenakan adanya penutupan jalan.

Selanjutnya rute 9E (Kebayoran Lama - Grogol) dan rute 8C (Kebayoran Lama - Tanah Abang) juga berhenti sementara.

Rute B21: Bekasi Timur - Grogol sementara mengalami perpendekan rute menjadi Bekasi Timur - Cawang UKI dan penaikan dari Halte BNN arah Bekasi Timur dikarenakan adanya penutupan jalan.

Penutupan sementara layanan Transjakarta juga terjadi untuk rute 3F (Kalideres - GBK) stop operasi.

Sedangkan rute 4A (TU Gas - Grogol) sementara tidak melewati Halte Tosari sampai dengan S Parman Podomoro City untuk kedua arah dikarenakan adanya pentupan jalan.

"Rute 8A (Grogol 2 - Harmoni) juga berhenti sementara, sedangkan rute 10H (Blok M - Tj.Priok) sementara Halte Senayan JCC sampai dengan Halte Petojo untuk kedua arah tidak melewati dikarenakan adanya penutupan jalan," kata Nadia.

Terakhir rute T12 (Juanda - Poris Plawad) dialihkan sementara tidak melewati Halte Petojo sampai dengan Halte Tomang Mandala untuk kedua arah.

KRL Normal

Perjalanan kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Palmerah dan Tanah Abang, Kamis pagi ini sudah beroperasi normal pascapenutupan akibat adanya demo massa, Rabu.

"Jalur lintas Palmerah - Tanah Abang kembali dioperasikan dan dapat dilintasi seluruh kereta," kata Kepala Humas PT KAI Daop I Jakarta, Eva Chairunisa saat dikonfirmasi di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Eva menyebutkan layanan KRL di Stasiun Palmerah kembali melayani penumpang.

Selain itu, lanjut Eva, tidak ada fasilitas stasiun yang mengalami kerusakan akibat adanya unjuk rasa di sekitar Stasiun Palmerah.

Sehari sebelumnya, PT KAI Daop I Jakarta sempat membatalkan seluruh perjalanan KA dari maupun menuju Stasiun Tanah Abang sampai dengan KA terakhir, Rabu (25/9) dimulai pukul 19.40 WIB.

Perjalanan kereta tidak dapat dilakukan karena pada perlintasan Pejompongan masih terdapat kerumunan masyarakat dengan situasi yang tidak kondusif.

#Krl   #busway