Pimpinan DPRD DKI Definitif Dilantik Pekan Depan

sammy
Pimpinan DPRD DKI Definitif Dilantik Pekan Depan

Jakarta, HanTer - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sementara, Syarif, memastikan pelantikan pimpinan DPRD DKI Jakarta definitif akan dilakukan pekan depan. Saat ini, pihaknya sedang bermusyawarah dengan fraksi PDIP dan Demokrat agar seger mengirimkan nama pimpinan DPRD dari kedua partai itu.

"Hari ini mau kita rembugkan sama pak Pantas (Ketua DPRD DKI Jakarta sementara, Pantas Nainggolan). Saya mau bikin surat ke Kemendagri agar pelantikan pimpinan definitif bisa dilakukan Senin depan. Karena kan deadline tanggal 26 September besok," ujar Syarif di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).

Dari hasil koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kata Syarif, DPRD tingkat Provinsi diperkenankan untuk melantik pimpinan definitif meskipun belum sepenuhnya terisi. Menurutnya, masih ada dua fraksi yakni PDIP dan Demokrat yang belum memutuskan kadernya untuk duduk di pucuk pimpinan.

"Katanya kedua partai itu akan menyerahkan nama Minggu ini. Saya dengar, keduanya belum ada rekomendasi dari DPP masing-masing. Kemarin, ada surat edaran dari Kemendagri, bagi DPRD yang tidak lengkap pimpinan definitif, bisa dilakukan pengambilan sumpah untuk pimpinan yang ada, tanpa menunggu lengkap," kata Syarif.

Kendati begitu, pihaknya akan menjunjung etika politik untuk menunggu nama-nama yang akan diserahkan kedua partai itu hingga tanggal 26 September nanti.

Dengan adanya pimpinan definitif, ungkap Syarif, DPRD DKI Jakarta bisa segera membahas rencana kerja DPRD selanjutnya. Seperti, menentukan alat kelengkapan dewan dan membahas APBD DKI Jakarta hingga pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta.