Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E Selama Lima Musim

Sammy
Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E Selama Lima Musim

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov DKI Jakarta akan menggelar ajang balap Formula E pada 6 Juni 2020 mendatang. DKI klaim dipercaya menggelar ajang balap internasional itu selama lima musim berturut-turut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan, saat ini pihaknya masih menjajaki pembahasan pembuatan sirkuit dengan pihak FIA Formula E sebagai organisasi yang menangani ajang balap bertaraf internasional itu. Namun dia memastikan Jakarta tidak hanya menjadi tuan rumah balap mobil listrik Formula E sebanyak satu kali. Menurutnya, Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi selama lima musim berturut-turut.

Dengan diselenggarakan selama lima musim, kata Anies, investasi yang dikeluarkan tidak habis percuma dibanding hanya dipakai sekali musim. Nilai investasi yang dimaksud untuk kesiapan infrastruktur seperti pembuatan lintasan dan jalur balap, dinding dan pagar lintasan, pengaspalan dan sebagainya.

"Kami berharap kegiatan ini akan tumbuh menjadi salah satu event tahunan yang ditunggu masyarakat Indonesia, sekaligus mengundang masyarakat internasional datang ke sini," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Anies menjelaskan, lokasi balap formula E yang akan digunakan adalah di kawasan Monas. Namun detail mengenai treknya masih belum dituntaskan. Dia berjanji bakal menjelaskan detailnya di kemudian hari.

Kendati begitu, Anies memastikan trek balap Formula E tetap digelar di kawasan Monas. Berdasarkan kajian sementara, diprediksi pergerakan perekonomian pada ajang itu bisa mencapai Rp1,2 triliun

"Yang menarik adalah kami menjadi tuan Formula E, untuk memberikan pesan kepada semua bahwa masa depan transportasi adalah transportasi yang bebas emisi. Dan Jakarta sebagai kota terbesar di belahan selatan dunia harus bisa menjadi pionir dalam mobilitas penduduknya," ungkapnya.

PRJ 2020

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto, mengatakan, acara sengaja digelar pada Juni karena bersamaan dengan kegiatan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2020 di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di sana, kata dia, kehadiran masyarakat diprediksi akan lebih banyak, sehingga perputaran perekonomian Jakarta bisa meningkat. Lantaran kegiatan ini dimulai pada Juni, maka sejak awal tahun 2020 Jakpro sudah harus menyiapkan sarana dan prasarananya.

#Formula   #jakarta   #anies   #balap