Terapkan Drive Thru Tilang; Begini Penjelasan Kajari Jaksel Anang Supriatna

zamzam
 Terapkan Drive Thru Tilang; Begini Penjelasan Kajari Jaksel Anang Supriatna

Jakarta, HanTer - Sukses mempelopori tilang keliling, Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan kembali melakukan inovasi dalam melayani masyarakat terkait pelanggar lalulintas.

Inovasi tersebut dengan pelayanan super cepat bagi pelanggar lalulintas yang hendak mengambil STNK atau SIM melalui Drive Thru Tilang.

Drive Thru tilang yang didirikan Kejari Jakarta Selatan, tercatat sebagai institusi yang pertama kali menerapkan di Indonesia.

"Drive Thru tilang dibuat sebagai wujud kepedulian kita kepada masyarakat pelanggar lalulintas yang hendak mengambil STNK atau SIM yang ditilang polisi," ujar  Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Anang Supriatna di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Anang menjelaskan, caranya warga yang hendak mengambil SIM atau STNK terlebih dahulu mendaftar via online melalui http://www.kejari-jaksel.go.id. Minimal sehari sebelum pengambilan, dan saat ini masih terbatas yakni sekitar 50 orang setiap hari. Kedepannya akan diperbanyak.

"Pelayanan yang kita berikan hanya perlu waktu sekitar 2-3 menit untuk mengambil surat yang ditilang. Cepatkan, engga perlu ngantri berjam-jam," ujarnya.

Drive Thru Tilang yang sudah diterapkan di institusi Kejari Selatan, oleh Anang terinpirasi dari kebiasaan dirinya mengunjungi restauran siap saji asal Amerika.


Ruang Menyusui, Bersih dan Tertata

Selain membuat kios Drive Thru tilang, Anang Supraitna juga membuat ruang menyusui bagi ibu-ibu yang memiliki balita yang berkunjung ke Kejari Jakarta Selatan, baik menjenguk keluarga yang sedang ditahan maupun terkait dengan perkara lain.

Dari pantauan dilokasi, ruang penyusui balita berdiri diruang bekas koperasi yang pindah kesamping kantin. Selain ber-AC, ruangan menyusui juga terdapat ruang bermain untuk anak-anak. Tidak hanya itu saja, diruangan tersebut, masyarakat juga bisa mengurus BPJS maupun memeriksa kesehatannya berupa pengecekan tensi darah atau kolesterolnya tanpa dipungut biaya.

Tidak hanya itu saja, dilokasi tersebut juga tersedia komputer yang bisa digunakan pelanggar Lalin untuk memperoleh informasi terkait penanganan hukum yang ditanggani jaksa Kejari Jaksel.

“Fasilitas komputer ini, juga bisa mengakses informasi penanganan hukum yang ditangani jaksa kami. Informasi yang kami sajikan ini juga bisa diakses oleh Kejaksaan Agung,” ujarnya.

Lingkungan Kejari Jakarta Selatan kini tampak bersih, indah dan ramah lingkungan. Kanting, tempat parkir dan taman tampak tertata rapi.

 

#Drive   #Thru   #Tilang   #