PPNPN Kementerian ATR Papua Barat Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

Arbi
PPNPN Kementerian ATR Papua Barat Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan
Peserta sosialisasi manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan saat foto bersama. Foto: Dok BPJS-TK

Jakarta, HanTer - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Pluit menggelar sosialisasi manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT) kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Provinsi Papua Barat, di Hotel Aston NIU Manokwari Papua Barat, Minggu (15/9/2019).

“Ini merupakan amanah undang-undang yang harus kami implementasikan dengan baik bagi kesejahteraan pekerja dan harus kami sampaikan agar pekerja mengerti pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan,” cetus Sulhan Ibrahim selaku Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Pluit, dalam keterangannya.

Menyadari pentingnya manfaat program ini Sulhan menugaskan dua stafnya yakni Adiatma Yogo selaku Pengawas dan Pemeriksa dan Muhari Kurnia selaku Account Representative Khusus untuk menyosialisasikan manfaat Program JKK, JKM, dan JHT.

 “Manfaat pada program Jaminan Kematian ini akan mendapatkan santunan senilai total Rp 24.000.000 serta manfaat pembiayaan pengobatan tak terbatas atau unlimited hingga dinyatakan sembuh oleh dokter dari program JKK,” ujar Muhari.

Disamping itu, Adiatma memberikan penjelasan detail mengenai teknis dari tahap pendaftaran, update tenaga kerja, manfaat perlindungan yang diterima, serta syarat dan teknis dalam klaim jaminan kepada seluruh PPNPN Provinsi Papua Barat.

"Saya turut senang dengan kehadiran rekan-rekan BPJS ketenagakerjaan Cabang Jakarta Pluit sebagai petugas pelaksana untuk perlindungan PPNPN Se-Indonesia tidak terkecuali Provinsi Papua Barat yang sudah memaparkan dengan sangat jelas terkait manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan" Pungkas Subur, Kepala Bagian Tata Usaha Wilayah Papua Barat.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Papua Barat, Toto Sutantono berharap tahun depan Kementrian ATR-BPN tidak hanya mengikuti program JKK dan JKM saja, melainkan bisa mengikuti dua program lainnya, yaitu Jaminan Hari Tua (JHT) serta Jaminan Pensiun (JP) untuk memberikan rasa nyaman dalam bekerja kepada pekerja PPNPN khususnya di Wilayah Papua Barat.

Selain sosialisasi manfaat program ada penyerahan kartu peserta dan sertifikat bagi rekan PPNPN untuk kabupaten Sorong dan Raja Ampat, dalam pelaksanaannya bersamaan dengan adanya kegiatan ATR/BPN Wilayah Papua Barat dalam Rapat Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Sampai saat ini Kerjasama Kementerian ATR-BPN bersama BPJS Ketenagakerjaan telah melindungi sebanyak 17.000 pekerja PPNPN. Melalui kegiatan sosialisasi ini juga akan berlanjut kepada daerah daerah kantor pertanahan di provinsi lainnya untuk memaksimalkan informasi manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

“Insya allah dengan progam yang merupakan amanah undang-undang yang harus diimplementasikan dengan baik, sehingga manfaat untuk para pekerja akan didapatkan secara maksimal dengan informasi yang jelas,” jelas Sulhan Ibrahim, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit saat dihubungi melalui telepon.

Sulhan berharap kedepannya semua tenaga kerja di Indonesia dapat terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan, sehingga masyarakat pekerja dapat bekerja dengan nyaman dan hati yang tenang.