Vinales Raih Pole Position untuk GP San Mario, Kalahkan Espargaro

Hermansyah
Vinales Raih Pole Position untuk GP San Mario, Kalahkan Espargaro
Maverick Vinales

San Mario, HanTer - Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) meraih pole position GP San Marino setelah tampil tercepat di babak kualifikasi, Sabtu (14/9/2019).

Pebalap asal Spanyol itu mencetak waktu satu menit 32,265 detik di penghujung Q2 untuk menggeser Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) ke peringkat dua dengan selisih 0,295 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Espargaro sempat memberi kejutan dengan tampil sebagai yang tercepat jelang akhir sesi di Sirkuit Misano Marco Simoncelli itu, namun Vinales mampu memperbaiki catatan waktunya di lap terakhir untuk meraih pole position keduanya musim ini setelah Qatar.

P2 kali ini merupakan hasil kualifikasi terbaik KTM musim ini setelah Johann Zarco meraih P3 di Brno.

Sementara itu, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) terpaut 0,306 detik dari pebalap pabrikan Yamaha itu untuk melengkapi posisi start baris terdepan di P3, sedangkan rekan satu timnya, Franco Morbidelli di P4.

Pemuncak klasemen pebalap, Marc Marquez (Repsol Honda), yang tampil tercepat di sesi FP4 walaupun sempat terjatuh di sesi latihan terakhir itu, tidak mampu menerjemahkan kecepatannya itu di babak kualifikasi dan akan start dari P5 di depan juara GP San Marino tahun lalu, Andrea Dovizioso dari tim Ducati.

Pahlawan lokal, Valentino Rossi, dengan helm berdesain livery khusus untuk balapan di kampung halamannya itu akan start dari P7 di depan Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing) yang harus berjuang melewati Q1 untuk akhirnya start dari P8.

Marquez dan Rossi menunjukkan rivalitas mereka ketika keduanya saling salip menyalip di lap terakhir babak kualifikasi bahkan hampir bersenggolan. Al hasil, kedua juara dunia itu gagal memperbaiki catatan waktu mereka. Alex Rins (Suzuki Ecstar) akan mencoba menyerang rival-rivalnya dari P9, diikuti oleh rekan satu timnya, Joan Mir di P10.

Sedangkan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) harus puas di P11 diikuti oleh pebalap wildcard Ducati Michele Pirro di P12. Cal Cruthclow (LCR Honda Castrol) gagal melaju dari Q1 dan akan start dari P14 di belakang Francesco Bagnaia (Pramac Racing).

Dua pebalap Ducati lainnya, Jack Miller (Pramac Racing) dan Danilo Petrucci (Ducati) tak bisa lebih cepat Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) dan akan start dari P16 dan P17 diikuti oleh Jorge Lorenzo (Repsol Honda) di P18.

Andrea Iannone (Aprilia Racing Team Gresini) tak mencatatkan waktu di kualifikasi setelah dilarikan ke pusat medis karena terjatuh di sesi FP4.