Catat Janji Anggota DPRD DKI 2019-2024: Tidak Korupsi dan Sejahterakan Warga

sammy
Catat Janji Anggota DPRD DKI 2019-2024: Tidak Korupsi dan Sejahterakan Warga

Jakarta, HanTer - Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 telah resmi dikukuhkan melalui Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD DKI Jakarta. Berbagai janji pun kerap dilontarkan para anggota dewan tersebut.

Anggota DPRD DKI Jakarta asal Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Wibi Andrino, bertekad melahirkan terobosan baru di ibukota. Salah satunya, dengan menjadikan DPRD DKI Jakarta menjadi rumah rakyat bagi warga Jakarta melalui adanya posko pengaduan.

"Setiap pagi kami akan membuka layanan penerimaan laporan dari warga dengan juga menghadirkan tujuh anggota Fraksi Partai Nasdem untuk piket secara bergantian," kata Wibi, usai acara pelantikan di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019). 

Tak Korupsi

Anggota DPRD dari Fraksi Partai Gerindra, Purwanto mengatakan, seorang anggota legislatif haruslah menjadi cermin pemimpin masyarakat yang bersih. Dirinya juga berjanji tak akan korupsi maupun melakukan hal-hal yang merugikan rakyat.

Selain itu, sejak masuk sebagai politisi Gerindra bercita-cita masuk ke Komisi E DPRD DKI Jakarta yang membidangi masalah kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan rakyat.

"SKPD yang ada di Komisi E langsung bersentuhan dengan persoalan-persoalan krusial ibukota. Kesehatan, pendidikan Pemuda dan Olahraga, pariwisata dan budaya jadi memang bersinggungan persoalan ibukota ada disitu," kata dia usai menjalani pelantikan di DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019).

Selama ini, lanjut Purwanto, serapan anggaran di Komisi E masih rendah. Bahkan menurutnya, bisa diartikan bahwa berbagai persoalan masyarakat belum terakomodir dengan baik oleh Komisi E.

Persoalan yang masih dirasakan masyarakat saat ini menurut Purwanto ada dua hal. Pertama, masyarakat bingung menginformasikan aspirasinya kepada siapa. Sedangkan yang kedua, masyarakat tidak tahu harus menghubungi siapa.

Untuk itu, sejak menjadi calon legislatif (caleg, red) dirinya telah menyiapkan strategi untuk menjadi jembatan aspirasi masyarakat.

Sejahterakan Warga

Disisi lain, Artis cilik Agustina Hermanto (Tina Toon) saat ini sudah mulai berlaga di anggota dewan DPRD DKI Jakarta 2019-2024. Tina Toon mengatakan, sudah siap untuk bekerja dan mensejahterakan masyarakat DKI Jakarta dan dia juga meminta doa restu dari masyarakat Jakarta. 

"Mohon doa restu untuk semua warga Jakarta. Hari ini pelantikan anggota DPRD dan saya salah satu yang terpilih. Doakan semoga lancar dan langsung  bisa berjuang untuk masyarakat dan bersama masyarakat," ucap Tina Toon di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

Diketahui, Tina Toon berhasil memenangkan Pemilihan legislatif DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Khianati Rakyat

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Dr Ujang Komarudin, mengingatkan agar para anggota Parlemen Ibu Kota fokus mengabdi kepada rakyat saja. Jangan mengkhianati amanat rakyat DKI Jakarta.

"Mengingatkan mereka para wakil rakyat. Jangan khianati suara rakyat yang sudah memilihnya. Jangan korupsi nanti masuk jeruji besi," ucapnya di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Kemudian, kata Ujang, agar ke depannya tidak ada lagi usulan anggaran yang sia-sia, sebaiknya dibangun kesadaran para anggota dewan.

"Mereka dipilih untuk mewakili rakyat di dapilnya. Jadi, mereka harus memperjuangkan aspirasi dan pembangunan di dapilnya, bukan ingin fasilitas, apalagi ingin memperkaya diri dengan jabatan yang diembannya," katanya.

Siap Berkolaborasi

Disisi lain, Gubernur Anies menyampaikan kesiapannya dalam berkolaborasi bersama anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024, hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif serentak Tahun 2019, yang baru saja dilantik.

"Kita bersama berharap kepada para anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Periode 2019-2024 yang baru saja dilantik dan mengucapkan sumpah/janji, kita siap untuk bekerja bersama. Sama-sama mementingkan kepentingan warga Jakarta untuk bisa merasakan kemajuan di seluruh komponennya," ujar Anies.

Anies menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta akan mendorong berbagai upaya pembangunan untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota yang maju dan warganya bahagia sesuai dengan RPJMD 2017-2022.

"Izinkan saya mengajak para Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Periode Tahun 2019-2024, untuk mari kita bersama-sama mewujudkan visi dan misi pembangunan Kota Jakarta dalam RPJMD 2017-2022 yaitu, menjadikan Jakarta kota yang maju, lestari, dan berbudaya dimana warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua," terangnya.

Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, DPRD diletakkan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang bermitra sejajar dengan kepala daerah.

#DPRD   #DKI   #Wakilrakyat   #korupsi