120 RW Kalideres Lomba Hias Gapura Kampung

danial

Jakarta, HanTer - Sebanyak 120 pengurus Rukun Warga (RW) di enam kelurahan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, berlomba menghias gapura lingkungan dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Saya pakai tema perjuangan menuju Indonesia Merdeka. Kami libatkan anak muda untuk menggambar wajah Bung Karno dan Bung Hatta. Ada juga corak perjuangan. Pokoknya komplit," kata Ketua RW 03 Pegadungan, Kalideres, Dedi, di Jakarta, Kamis (15/8/2019)
 
Menurut dia, ratusan kepala keluarga di lingkungannya terlibat dalam kegiatan menghias gapura. Kaum ibu menyediakan konsumsi, kaum bapak menghias, dan kaum muda menggambar.
 
Sementara itu warga Kampung Bali RW04 Kelideres, Ranu (30), mengatakan tema yang diusung dalam menghias gapura kali ini lebih sederhana.
 
"Modalnya bambu yang dicat warna merah putih, dengan spanduk kemerdekaan dan ornamen perjuangan seperti bambu runcing. Proses pembuatannya juga tidak makan waktu lama," katanya.
 
Kapolsek Kalideres Kompol Indra Maulana mengatakan kegiatan menghias gapura merupakan agenda rutin tahunan setiap peringatan kemerdekaan.
 
"Ratusan gapura perkampungan di wilayah Kalideres hari ini dalam proses penilaian. Hampir seluruh perangkat RW di Kalideres ini ambil bagian dalam lomba menghias gapura," katanya.
 
Kegiatan yang digelar oleh camat, Kapolsek maupun Danramil di wilayah Kalideres itu memperebutkan hadiah berupa sepeda motor, televisi, kulkas, perabotan rumah tangga, hingga uang pembinaan.
 
"Lomba ini sinergi kerja sama antara Kecamatan Kalideres, Danramil 06 Kalideres, dan Polsek Metro Kalideres (tiga pilar)," katanya.
 
Pemenang lomba menghias gapura akan diumumkan pada Sabtu (24/8) bertepatan dengan digelarnya acara Pesta Rakyat.
 
"Pada Pesta Rakyat nanti akan ada pagelaran musik, budaya, bazar dan sebagainya," ujarnya.

#LOmba   #Hias   #Gapura