Ribuan Penumpang Terjebak di Dalam MRT

danial
Ribuan Penumpang Terjebak di Dalam MRT

Jakarta, HanTer - Akibat listrik padam, menyebabkan sebanyak ribuan penumpang kereta Commuter Line tertahan di tengah jalur perlintasan karena listrik di berbagai jalur perlintasan.

Namun Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti mengatakan evakuasi terus, mengingat belum ada kepastian kapan listrik menyala.

"Evakuasi (tengah) berlangsung dengan tenang dan aman karena pengguna dapat mengikuti arahan dari petugas sesuai SOP tanggap darurat," ujar Wiwik di Jakarta, Minggu (4/8/2019).

Dijelaskannya, KCI mencatat ada tujuh kereta yang tengah berada di jalur rel antar stasiun saat listrik padam sekitar pukul 11.48 WIB. Selain tujuh kereta di jalur lintas antar rel, sebanyak 16 kereta juga terhenti di Stasiun.

Sementara itu, Vice President Operasi KCI Broer Rizal mengatakan rata-rata satu kereta yang terhenti di jalur lintas itu berisi 500 penumpang. Maka itu jika ditotal dari tujuh kereta yang terhenti terdapat 3.500 penumpang.

Adapun tujuh kereta yang terhenti di jalur itu adalah tiga kereta di lintas barat yaitu akan memasuki Stasiun Parung Panjang. Dua kereta di lintas Selatan yaitu mau memasuki Stasiun Tebet dan Stasiun Cilebut. Dua kereta lainnya terhenti di jalur menuju Stasiun Jatinegara dan Stasiun Cakung.

Tak hanya tujuh kereta Commuter Line yang terhenti. Namun dua kereta lintas Jawa juga sempat berhenti karena padamnya listrik.

"Tadi pada saat PLN off ada dua KA yang menghalangi jalur antara Manggarai - Jatinegara. Satu KA di hilir, satu KA di hulu," ujar Broer.

Lanjutnya satu KA sudah berhasil dievakuasi sehingga KA yang menuju ke arag Gambir telah normal. Namun saat ini kereta dari Gambir tidak bisa beroperasi.

Menanggapi masalah ini, PLN Memohon maaf untuk pemadaman yang terjadi akibat gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa.

PLN memohon maaf atas pemadaman yang terjadi akibat
Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami  trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (4/8/2019).

Dijelaskannya, di Jawa Barat Jabar  terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 KV mengakibatkan padamnya sejumlah  Area sbb : Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," ujar Made.