Anggota DPRD DKI Desak Pemilihan Wagub Dipercepat

Sammy
Anggota DPRD DKI Desak Pemilihan Wagub Dipercepat

Jakarta, HanTer - Sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta mendesak pimpinannya untuk segera mempercepat pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta. Sedikitnya, ada 70 persen anggota DPRD DKI Jakarta yang mendesak percepatan tersebut.

"Sebanyak 70 persen anggota DPRD sudah menyetujui dipercepat pemilihan wagub dan 60 persen fraksi di DPRD juga menyeteujui itu. Tapi kenyataannya ada pihak yang ingin memanfaatkan momen ini," ujar anggota DPRD DKI Jakarta, Ruslan, di Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Menurutnya, kinerja panitia khusus (pansus) pemilihan wagub DKI Jakarta telah melaksanakan tugasnya membuat tata tertib (tatib) pemilihan. Namun, dia memastikan rapat pimpinan gabungan (rapimgab) bukan menjadi alasan untuk menjegal pemilihan wagub.

"Seharusnya pansus menyerahkan kepada ketua DPRD dan ketua segera membamuskan itu, ya kecuali ada kepentingan tertentu. Siapa yang mempunyai kepentingan itu, tidak ada yang tahu. Selama ini, masyarakat beranggapan bahwa tidak terjadinya pemilihan wagub karena anggota DPRD," kata Ruslan.

Padahal, lanjutnya, sebagian besar anggota DPRD DKI Jakarta yang tidak terpilih lagi ingin mencatatkan sejarah baru dalam menentukan wagub pengganti Sandiaga Uno itu. Dia menyayangkan, lamanya pemilihan wagub selalu mengkambing hitamkan anggota DPRD secara umum, bahkan sekretariat dewan (sekwan).

"Maka wajar ada tudingan money politik oleh pihak tertentu. Kalau tidak merasa, ya segera percepat pemilihan wagub. Karena kami yang tidak terpilih lagi ingin mencatatkan sejarah baru. Toh kandidatnya sudah ada, masa yang disalahkan anggota DPRD secara keseluruhan," tegasnya.