BPBD: Kelistrikan Picu Kebakaran di Jakarta

zamzam
BPBD: Kelistrikan Picu Kebakaran di Jakarta


Jakarta, HanTer - Masalah kelistrikan kerap menjadi penyebab terjadinya kebakaran di Jakarta. Hal ini dikarenakan warga cendrung tidak menggunakan kabel ber-SNI.

 Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Embay Suhaimi membenarkan maraknya peristiwa kebakaran terkait masalh pemilihan kabel yang digunakan.

"Utamanya di pemukiman padat penduduk seperti Tambora (Jakarta Barat), masalah listrik ini yang paling rawan karena rumit dan bisa dipasang 5-6 steker dalam satu sumber listrik," ujar Embay Suhaimi di Senen, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya rata-rata yang paling rawan penyebabnya adalah tidak menggunakan kabel SNI. Ini terus kita sosialisasikan agar warga pakai SNI, karena minimal jika terjadi bencana, resikonya bisa lebih rendah.

Dengan banyaknya kejadian kebakaran yang rata-rata terjadi 3-5 kali sehari di Jakarta, lantas membuat BPBD DKI Jakarta melakukan pengarahan kepada warga beberapa hal yang dapat digunakan untuk mencegah hal tersebut.

Hal yang terus diingatkan BPBD adalah memeriksa kembali alat-alat listrik dan kompor sudah dimatikan bila tidak digunakan ataupun sebelum keluar rumah.

Selain itu, langkah-langkah antisipatif ketika terjadi kebakaran, mulai dari skala kecil hingga besar, juga perlu diketahui oleh masyarakat sebagai perluasan dampak kebakaran.