Formula E Akan Hasilkan 78 Juta Euro, Pengamat: Keren dan Membanggakan

Sammy
Formula E Akan Hasilkan 78 Juta Euro, Pengamat: Keren dan Membanggakan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi ajang Formula E di Brooklyn, New York, AS.

Jakarta, HanTer - Pengamat otomotif Yannes Martinus Pasaribu menilai kepastian Jakarta menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020 sebagai hal yang membanggakan.

"Keren. Sinergi banget. Isu mobil listrik 'kan sedang menggebu-gebu," katanya ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan Formula 1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi. Balapan ini diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

"Ini balap mobil formula, tapi elektrik. Mobil listrik. Beda sama Formula 1, ini 'kan advanceteknologinya. Energinya bersih, clean," katanya.

Artinya, kata dia, penyelenggaraan ajang Formula E di Jakarta pada tahun depan sejalan dengan upaya menekan polusi udara di Ibu Kota.

Bagi masyarakat, ajang balapan itu bisa menjadi tontonan sekaligus bisa pembelajaran tentang mobil listrik.

Di sisi lain, pengajar Institut Teknologi Bandung (ITB) itu mengatakan bahwa penyelenggaraan eventbergengsi itu juga bisa mendorong rampungnya Peraturan Rresiden (Perpres) tentang Kendaraan Listrik.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan negosiasi untuk Jakarta menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan 2020.

Hal tersebut ditulis dalam akun media sosial pribadinya di Facebook, @Anies Baswedan ketika berada di Brooklyn, AS, Minggu (14/7).

78 Juta Euro

Dari kajian awal atas rencana ini, tambah Anies, E-Prix Jakarta berpotensi menghadirkan manfaat ekonomi di ibu kota senilai 78 juta Euro.

Diperkirakan 35 ribu penonton baik internasional dan domestik akan menghasilkan transaksi ekonomi sekitar 1,6 juta Euro selama E-Prix berlangsung, baik di industri konsumsi, transportasi maupun akomodasi.

Secara tidak langsung akan berdampak di sektor pariwisata kita juga ikut terangkat. Total nilai liputan media tentang Jakarta setara dengan 15 juta Euro.

#Formula   #jakarta   #anies   #balap