Ini Dua Alternatif Jalan Yang Akan Dijadikan Lintasan Formula E di Jakarta

Sammy
Ini Dua Alternatif Jalan Yang Akan Dijadikan Lintasan Formula E di Jakarta

Jakarta, HanTer - Ibu Kota Jakarta akan menjadi tuan rumah ajang balapan Formula E pada tahun 2020 mendatang. Mengingat, tercapainya kesepakatan antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, CEO dan COO FIA Formula E (FE) saat berada di New York, Amerika Serikat. Berbagai kalangan, menyambut positif hal tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan ada dua alternatif lintasan yang akan digunakan untuk ajang balap mobil bergengsi Formula E. Alternatif tersebut, meliputi Jalan di sekitar Gambir dan kawasan Monas Jakarta Pusat.

"Kemarin itu dari penyelenggara ada dua alternatif yang diambil. Pertama, jadi pit stopnya itu di Monas, belakangnya Stasiun Gambir. Dari monas kemudian masuk ke Jalan Ridwan Rais kemudian masuk ke Tugu Tani. Berputar di Tugu Tani, kembali masuk ke Ridwan Rais kemudian belok kiri di Merdeka Selatan. Opsi kedua ada di silang Monas," kata Syafrin saat di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Rute alternatif yang menjadi usulan, meliputi rute Monas, menuju Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani-Jalan Ridwan Rais-Medan Merdeka Selatan- berputar lagi di depan Wisma Antara, ke arah Kedubes AS-dan kembali ke Monas.

Syafrin mengatakan, pihak penyelenggara sendiri sudah melakukan survei terkait rute tersebut.

"Tanggal 8 Juli itu, pihak panitia sudah datang dan sudah melakukan survei. Survei terkait lintasan yang nantinya akan digunakan sebagai ajang Formula E. Dua alternatif itu yang kemarin mereka survei di sana, kemudian mereka akan bawa ke forum penyelenggaranya," kata dia.

Syafrin pun enggan membeberkan lebih lanjut terkait persiapan Jakarta dalam menjambut ajang bergengsi internasional tersebut.

Menurut Syafrin, saat ini pihaknya masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari pihak penyelenggara sehingga bisa dipastikan terkait dengan rencana lebih lanjut.

"Kami masih menunggu dari penyelenggara karena masih belum konfirmasi rute yang fix akan digunakan apa, baru setelah itu apa akan ada pembahasan anggarannya seperti apa," bebernya.

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melalui akun Instagram resminya mengumumkan Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah Formula 6 pada 2020. Pengumuman itu disampaikan Anies saat ia berada di New York, Amerika Serikat, guna bertemu penyelenggara Formula E, Federasi Otomotif Internasional (FIA). Di sana, Anies menemui petinggi Formula E, Alexandro Agag dan Alberto Longo.

Foto pertama diunggah Anies pada Minggu (14/7/2019) dengan menyebut negosiasi antara dirinya dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, CEO dan COO FIA Formula E (FE) berhasil menemui kesepakatan.

Sedangkan foto kedua diunggah Anies pada Senin (15/7/2019) dengan menunjukkan bukti foto bersama Alexandro Agag dan Alberto Longo usai negosiasi yang ia klaim "dipenuhi antusiasme."

"Pada dunia kami kirimkan pesan: Jakarta bukan cuma pemain domestik. Jakarta siap menyongsong, siap sejajar dan makin bersinar di antara megapolitan dunia," tulis Anies dalam unggahannya.

Walaupun demikian, FIA sebagai penyelenggara ajang balap itu, belum mengumumkan secara resmi keterlibatan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E 2020. Formula E merupakan ajang balap mobil listrik yang dibentuk pada 2012, dan telah diakui oleh FIA.

Berbeda dengan ajang balap mobil lainnya, Formula E memiliki misi mengampanyekan pengurangan polusi dari emisi kendaraan bermotor dengan menggunakan kendaraan listrik.

#Formula   #jakarta   #anies   #balap