Sistem Ganjil-Genap Tak Efektif Atasi Kemacetan

Sammy
Sistem Ganjil-Genap Tak Efektif Atasi Kemacetan

Jakarta, HanTer - Penerapan sistem ganjil-genap dinilai belum cukup efektif. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI diminta menyiapkan kebijakan lainnya guna mengurangi persoalan kemacetan di Ibukota.

Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menilai, kebijakan ganjil-genap merupakan kebijakan untuk jangka pendek sebelum Pemprov memberlakukan kebijakan yang lebih signifikan membatasi penggunaan kendaraan pribadi.

"Mau tidak mau sebenarnya Jakarta itu menerapkan suatu pembatasan penggunaan kendaraan pribadi, dan sebenarnya dengan dibatasi penggunaan kendaraan pribadi mereka akan beralih ke angkutan umum," ujar Ketua DTKJ Iskandar Abubakar di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Harus Dibenahi 

Pengamat transportasi, Azas Tigor Nainggolan, mengatakan, kemaceten di Jakarta tetap terjadi sementara moda transportasi publik tidak cukup untuk mengatasi masalah kemacetan itu.

"Tahun ini sudah ada peresmian MRT, ditambah lagi LRT, armada Trans Jakarta juga semakin massive, seharusnya lebih baik, tapi tetap saja ada masalah kemacetan," ujar dia di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Artinya, kata dia, ada kesalahan manajemen dalam tubuh pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menurutnya, pemegang otoritas di DKI Jakarta belum memiliki konsep untuk benar-benar mengatasi kemacetan DKI.

"Pertama, angkutan diperbaiki, kemudian ada kebijakan pengendalian penggunaan kendaraan bermotor pribadi," kata dia.