Anies: 15 Pejabat yang Baru Dilantik Harus Amanah

Sammy
Anies: 15 Pejabat yang Baru Dilantik Harus Amanah
Gubernur DKI Anies Baswedan

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melantik sekaligus memimpin pengambilan sumpah jabatan lima belas orang Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan satu Pejabat Tinggi Pratama sebagai Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi DKI Jakarta di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta, Senin (8/7/2019).

Adapun prosesi pelantikan pengisian Eselon II Pemprov DKI Jakarta ini telah memenuhi seluruh ketentuan aturan Undang-undang Aparatur Sipil Negara dan regulasi terkait lainnya, serta melalui proses seleksi sebagaimana mestinya.

"Saya perlu sampaikan kepada saudara semuanya yang hari ini dilantik. Bahwa saudara bekerja di Ibukota yang memiliki begitu banyak program dan rencana kerja yang harus dilaksanakan. Saudara-saudara diberikan kesempatan untuk menerima amanah yang bisa jadi berbeda dengan apa yang selama ini saudara-saudara kerjakan,” kata Anies dalam pelantikan tersebut.

Tapi yang tidak kalah penting, lanjut Anies, ini bukan urusan pribadi, ini bukan urusan personal. “Ini adalah urusan melaksanakan amanat rakyat Jakarta yang sudah diwujudkan dalam bentuk Perda tentang RPJMD kita," kata Anies.

Kepada pejabat yang dilantik Anies mengharap jadilah pemimpin di bidang masih-masing dan harus  amanat. “Jangan hanya menjadi pemegang jabatan. Tapi jadilah pemimpin yang artinya diteladani, dipercayai, dan karena itu diikuti secara sukarela. Bukan semata-mata karena punya ‘tanda tangan’, tapi karena dipercaya oleh seluruh anak buahnya," ungkapnya.

Selain itu, Gubernur Anies berharap Pejabat yang baru saja dilantik senantiasa menjunjung tinggi keberpihakan berasaskan keadilan sosial bagi rakyat.

Pengerjaan Waduk

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini menyebut fokus utama dirinya saat diangkat menjadi Kadis SDA adalah melanjutkan pengerjaan waduk-waduk yang sempat terhambat. Hal itu menurutnya, sebagai salah satu upayanya mengatasi banjir di DKI Jakarta yang masih kurang maksimal.

“Selain waduk, juga akan melanjutkan program naturalisasi sesuai dengan keinginan Anies," ucap Juaini, usai pelantikan, Senin (8/7/2019).

Transportasi Handal

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang baru saja dilantik, Syafrin Liputo, mengaku menghadapi banyak sekali tantangan dalam penataan transportasi di ibu kota.  Namun, dia berkomitmen untuk bekerja sesuai dengan arahan Gubernur Anies Baswedan, yakni menciptakan sistem transportasi yang handal.

"Kemacetan lalu lintas yang bisa kita minimalisir. Jika kita tidak bisa kurangi, minimal bisa kita minimalisir, bisa kita laksanakan ke depan," kata Syafrin usai pelantikan, Senin (8/7/2019).

Pejabat Pemprov yang dilantik, Pujiono S.H sebagai Kepala Badan Pengelola Aset Daerah, Dra. Maria Qibtya, M.Si sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Drs. Taufan Bakri, M.Si sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Ir. Juaini, MM. sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air.

Selanjutnya,  Ir. Andono Warih, M.Sc sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dr. Syafrin Liputo, ATD, MT sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Heru Hermawanto, ST, M.Si sebagai Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan, Ir. Afan Adriansyah Idris, M.Si sebagai Kepala Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Setda, Mochamad Abbas, SE, M.Si sebagai Kepala Biro Perekonomian Setda.

Kemudian, Drs. Lutfi Arifin, M.Si sebagai Kepala Biro Administrasi Sekretaris Daerah Setda, dr. Isnindyarti, MKM sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo, drg. Bambang Suheri, MAP sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Yuandi Bayak Miko, SE, M.Si sebagai Wakil Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD), Syaefuloh Hidayat, SST, MAP sebagai Wakil Kepala Dinas Pendidikan, dan Munjirin, S.SOs, M.Si sebagai Sekretarus Kota Administrasi Jakarta Selatan.