Pemkot Jakut Gelar Operasi Bina Kependudukan Tahap Dua

sammy
Pemkot Jakut Gelar Operasi Bina Kependudukan Tahap Dua


Jakarta, HanTer - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara kembali menggelar Operasi Bina Kependudukan untuk mendata warga pendatang yang bermukim di apartemen dalam wilayah Jakarta Utara usai Lebaran 2019.

Operasi Bina Kependudukan Tahap II ini rencananya akan digelar di Apartemen Robinson, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta utara pada Rabu (3/7/2019) pekan ini.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Utara Erik Polim Sinurat, Senin, mengatakan pihaknya tidak lagi menggelar Operasi Yustisi usai Lebaran tahun ini.

Sebagai gantinnya, Sudin Dukcapil Jakarta Utara akan menggelar Operasi Bina Kependudukan. Dia menjelaskan, satu hal yang membedakan Bina Kependudukan dengan Operasi Yustisi adalah penghapusan pendataan dengan langsung mendatangi rumah warga.

"Bina Kependudukan meminta RT/RW di ibu kota melakukan pendataan bagi warga barunya. Dicatat kependudukannya, kemudian dilaporkan, sehingga kita tahu siapa yang berada di Jakarta," kata Erik.

Erik menerangkan, selain melakukan pendataan kepada warga pendatang, Operasi Bina Kependudukan juga menyediakan layananan kependudukan untuk penduduk permanen.

"Kami juga akan lebih mengedepankan konsep pelayanan penduduk permanen dan nonpermanen yang akan tinggal di DKI Jakarta," ujarnya pula.

Erik juga menambahkan, nantinya warga Pejagalan tersebut akan mendapatkan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

"Kita akan berikan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS), agar bisa digunakan dalam mengurus keperluannya di Jakarta," katanya lagi.

DIa juga mengimbau masyarakat Pejagalan atau warga yang kebetulan tinggal di Apartemen Robinson diharapkan dapat memanfaatkan pelayanan bina kependudukan sebaik-baiknya.