Antrean Kendaraan di Bakauheni Capai 4 Km

Pengunjung TMR Ragunan Capai Lebih Dari 300 Ribu

Harian Terbit/Sammy/Safari
Pengunjung TMR Ragunan Capai Lebih Dari 300 Ribu
Pengunjung Kebun Binatang Ragunan

Jakarta, HanTer - Lebih dari 300 ribu orang mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan sejak hingga Minggu (9/6/2019) siang ini. Selain kawasannya yang teduh, para pengunjung bisa mengedukasi anak-anak mengenal berbagai macam satwa.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan, I Ketut Widarsana mengatakan, pada Jumat (7/6/2019) lalu jumlah pengunjung mencapai 107.598.

Sementara, Sabtu (8/6/2019) naik mencapai 171.716 pengunjung, dan Minggu (9/6/2019) hingga pukul 11.00WIB tadi telah mencapai 67.823 pengunjung.

"Jumlah tersebut sudah merupakan pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi roda dua, dan empat, bus sepeda maupun kendaraan umum. Angka ini akan terus bertambah," ujarnya di Jakarta, Minggu (9/6/2019).

Kepulauan Seribu

Sementara itu Kepala Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, jumlah wisatawan yang berlibur di Kepulauan Seribu mengalami peningkatan pada momen libur Lebaran tahun 2019. Jumlah wisatawan tahun ini meningkat hingga 18 persen jika dibandingkan tahun lalu.

“Apabila dibandingkan dengan momen libur Lebaran tahun lalu, tahun ini jumlah wisatawan meningkat 18 persen,” kata Cucu yang dihubungi Minggu (9/6/2019).

Cucu menuturkan, berdasarkan data yang diperoleh, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu mencapai 57.700 orang. Jumlah itu terhitung pada tanggal 1-8 Juni 2019, yang dimanfaatkan masyarakat untuk liburan. Rinciannya dibagi dua, wisatawan nusantara 56.981 orang dan wisatawan mancanegara 719 orang.Jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu.

Pada periode yang sama, jumlah wisatawan selama momen libur Lebaran 2018 hanya mencapai 47.957 orang. Para wisatawan kebanyakan datang berkunjung ke Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, dan Pulau Untung Jawa. Puluhan ribu wisatawan tersebut datang dari lima dermaga yang tersebar di sejumlah tempat seperti Dermaga Marina Ancol, Dermaga Kali Adem, Dermaga Tanjung Pasir Tangerang, Dermaga Rawa Saban Tangerang, dan Dermaga Sunda Kelapa.

Antrean 4 km

Sementara itu, antrean kendaraan arus balik Lebaran, baik roda empat maupun dua, untuk memasuki Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, baik yang datang dari jalan lintas Sumatera maupun jalan Tol Trans Sumatera mencapai lebih dari empat kilometer pada Minggu (9/6) malam.

Atrean panjang kendaraan itu terjadi sejak Minggu siang dan hingga kini belum dapat terurai.

Meski pihak ASDP telah melakukan percepatan pelayaran dan waktu bongkar muat penumpang kapal, arus kedatangan yang begitu deras membuat penumpukan kendaraan di kantong parkir pelabuhan tak terelakkan.

Dari pantauan Tim ANTARA di lapangan, kemacetan arus balik Lebaran mencapai Dusun Way Baka Bakauheni.