Masjid Istiqlal Distribusikan 18,5 Ton Beras Zakat Firah kepada para Mustahiq

Hermansyah
Masjid Istiqlal Distribusikan 18,5 Ton Beras Zakat Firah kepada para Mustahiq
Para mustahiq (penerima zakat) menunggu dengan sabar dan tertib pembagian zakat fitrah berupa beras di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2019).

Jakarta, HanTer - Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, pada Selasa (4/6/2019) sore, setidaknya telah mendistribusikan 18,5 ton beras zakat fitrah kepada ribuan mustahiq atau penerima zakat yang datang ke Masjid Istiqlal.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam. "Hari ini kita bagikan 18,5 ton beras bagi masyarakat yang membutuhkan," ujar Abu Hurairah Abdul Salam.

Masjid Istiqlal menerima zakat fitrah dalam bentuk beras 3,5 liter atau uang sebesar Rp50.000. Pembayaran zakat di Istiqlal dibuka sejak tanggal 1 Ramadhan hingga Selasa pukul 22.00 WIB nanti.

Abu mengatakan setiap orang akan mendapatkan lima kilogram beras. Diperkirakan, hingga 2.000 an mustahiq memenuhi Masjid Istiqlal untuk mendapatkan beras zakat fitrah.

Sementara untuk zakat fitrah dalam bentuk uang, pengelola zakat menerima sekitar Rp200 juta hingga pukul 17.00 WIB. Apabila digabung dengan zakat mal, fidiah, kafarat, infaq dan sedekah jumlahnya mencapai hingga Rp500 juta.

"Distribusi dibagi dua bagian, pertama lewat lembaga-lembaga seperti rumah yatim, panti jompo, masjid-masjid sekitar Istiqlal itu kemarin (Senin), sekarang perorangan," terang Abu. 

Lebih lanjutia menuturkan, animo masyarakat dalam membayar zakat pada tahun ini mengalami perubahan pola. Tahun 2018 lalu, penerimaan zakat fitrah banyak dalam bentuk uang yang mencapai sekitar Rp400 juta, sementara tahun ini lebih didominasi oleh beras.

"Tahun kemarin dalam bentuk uang Rp400 juta untuk zakat fitrah, sekarang Rp200 (juta) lebih lah. Tahun kemarin kebanyakan uang, tahun ini lebih banyak beras jadi ga terlalu merepotkan juga," kata dia.

Uang zakat fitrah yang terkumpul sebesar Rp200 juta itu, nantinya akan diganti ke bentuk beras

Di sisi lain, para mustahiq telah berbondong-bondong datang ke Istiqlal sejak pukul 15.00 WIB, sementara zakat fitrah dibagikan sebelum hingga setelah waktu berbuka puasa di hari terakhir Ramadhan ini.