Pemotor Ramaikan Arus Mudik H-3 Lebaran di Kalimalang

ant
 Pemotor Ramaikan Arus Mudik H-3 Lebaran di Kalimalang

Bekasi, HanTer - Pengemudi sepeda motor yang melintasi Jalan Hasibuan, Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, terpantau ramai lancar pada H-3 menjelang Lebaran 2019.

Berdasarkan pantauan Minggu (2/6/2019) sekitar pukul 22.05 WIB, pengemudi sepeda motor tampak mendominasi lalu lintas di sekitar jalan tersebut.

Sebagian pengendara motor roda dua tersebut terlihat berboncengan bersama kerabat atau teman mereka dengan membawa sejumlah barang bawaan.

Meski terlihat ramai, kepadatan yang disebabkan oleh banyaknya pengemudi sepeda motor di jalan tersebut pada malam ini masih lebih sedikit dibandingkan puncaknya pada Kamis malam Jumat atau pada H-6 Lebaran tahun ini.

"Dari pukul 08.00 WIB-20.00 WIB, tercatat ada 5.739 motor yang melintasi Jalan Hasibuan Kalimalang," kata Ajun Komisaris Polisi Suryono saat memantau arus lalu lintas di jalan tersebut, Minggu.

Angka tersebut, menurut dia, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sekitar 44.802 motor yang melintas di jalan itu pada H-6 Lebaran.

Penurunan tersebut menurutnya disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya mudik gratis yang dilakukan oleh sejumlah lemabaga pemerintahan dan swasta.

Yang kedua adalah karena kesadaran masyarakat bahwa waktu tempuh saat melalui tol lebih singkat dibandingkan jalur nontol.

Hal tersebut dinilai dapat mengurangi risiko capek dan kecelakaan sehingga mendorong mereka untuk beralih menggunakan mobil pribadi dan melewati jalan tol.

Selain itu, pemberlakuan one way di Gerbang Tol Cikampek Utama juga dinilai cukup efektif untuk mengurai kepadatan di jalan tersebut.