PWI Depok Ingin Perbanyak Lahirkan Wartawan Kompeten

Eka
PWI Depok Ingin Perbanyak Lahirkan Wartawan Kompeten
Kiri ke kanan: Kesit Handoyo (Sekjen PWI Jaya), Rahmat Tarmuji (Wakil Ketua PWI Depok), Maulana Said (Ketua DMC) dan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menggelar diskusi di sela nonton bareng final Liga Champions.

Depok, HanTer - Seiring dengan berkembangnya media massa, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kota Depok berharap agar seluruh pewarta di wilayahnya mempunyai standarisasi kompetensi dalam tugas dan bidangnya.

Hal tersebut dikatakan Rahmat Tarmuji selaku Wakil Ketua PWI kota Depok. Untuk itu, pihaknya membuka diri kepada para pewarta yang belum mempunyai sertifikasi kompetensi dari PWI Pusat maupun Dewan Pers agar berkoordinasi mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Jadi sayang kalo teman-teman (wartawan) tidak ikut UKW," kata Rahmat dalam diskusi Tangkal Hoax dan Ujaran Kebencian disela nonton bareng final Liga Champions yang digagas Depok Media Center (DMC) di Hotel Bumi Wiyata, Minggu (2/6/2019) dini hari.

"Kita juga telah menjalin kerjasama dengan Diskominfo Kota Depok mengenai UKW agar wartawan Depok benar-benar berkompeten," sambung dia.

Senada dikatakan Kesit B Handoyo selaku Sekjen PWI Jaya ditempat yang sama. Ia menuturkan, uji kompetensi wajib dilakukan insan pers guna mendapatkan sertifikasi di bidang jurnalistik.

Tangkal hoax
Diluar itu, Kesit menyerukan agar kiranya wartawan turut menjadi garda terdepan dalam menangkal berita bohong yang kerap berkembang pesat belakangan ini.

"Saat ini ditengah gempuran sosmed yang luar biasa, saya pikir pers mempunyai peranan besar untuk mengimbangi info-info yang ada di medsos. Jangan sampai pers perannya hilang. Pers harus jadi agen anti hoax. Kalau kita hanyut, ini bahaya," kata Kesit.

"Untuk itu teman-teman harus bisa menjadi agen perubahan untuk menangkal hoax. Tahun lalu dari data Kemkominfo sebanyak 800ribu itu banyak tersebar berita hoax melalui facebook, whatsapp. Jadi teman-teman jangan larut untuk menangkal itu," tegasnya.

Menyikapi hal tersebut, Pradi Supriatna selaku Wakil Wali Kota Depok menyambut positif. Sebab menurutnya, insan pers merupakan pilar penting dalam upaya untuk turut mendorong memajukan setiap wilayah di Indonesia, khususnya kota Depok.

"Pers adalah salah satu pilar kemajuan bangsa. Jadi betapa pentingnya kami merasakan kehadiran rekan-rekan pers. Dan seiring dengan perkembangan Depok yang luar biasa, tentu ini sangat penting," kata Pradi.

#Pwi   #depok   #kompeten   #hoax   #dmc