Pemudik Diminta Waspada Aksi Kriminal Jalanan

Oni
Pemudik Diminta Waspada Aksi Kriminal Jalanan

Jakarta, HanTer - Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto, meminta pemudik untuk waspada terhadap aksi kriminal sebelum dan selama perjalanan menuju ke kampung halaman. Dia juga mengingatkan pemudik agar berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal yang tiba-tiba menawarkan bantuan baik di terminal, stasiun, maupun dalam perjalanan.

"Saat perjalanan mudik kami juga mengingatkan terhadap bahaya penjambretan, pencopetan atau mungkin begal ataupun juga gendam (hipnotis,)" ujar Budhi usai memimpin apel Operasi Ketupat Jaya 2019 di Mapolres Metro Jakarta Utara, Selasa (28/5/2019).

Demi memastikan hal itu, Tiga Pilar (Pemerintah, TNI-Polri) Jakarta Utara akan mengerahkan 1200 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Jaya 2019.

Budhi mengatakan sasaran Operasi Ketupat Jaya 2019 adalah memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama Idul Fitri 2019.

"Operasi ini merupakan operasi kemanusiaan dalam rangka membantu saudara-saudara kita, warga kita yang akan merayakan Idul Fitri, baik yang ada di Jakarta Utara maupun yang akan mudik ke kampung halaman," tutur Budhi.

Operasi Ketupat Jaya 2019 akan digelar serentak di seluruh Indonesia selama 15 hari, mulai Rabu (29/5/2019) hingga Rabu (12/6/2019).

Warga yang akan mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong juga diminta untuk menitipkan rumah kepada pihak kepolisian.

"Sudah kita imbau dan kita sampaikan kalau rumah ditinggalkan dalam keadaan kosong dititipkan kepada kami atau tetangga," ujar  Budhi Herdi Susianto.

Dijelaskannya, laporan warga yang akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong akan sangat membantu polisi saat melakukan patroli dan penjagaan.

"Kalau kami tahu mana rumah yang kosong, akan kami berikan perhatian lebih saat patroli maupun saat melakukan penjagaan," ujarnya.

Hal itu disampaikan Budhi usai memimpin apel pasukan Operasi Ketupat Jaya 2019 yang digelar di Mapolres Metro Jakarta Utara.