Pasca Kebakaran Kampung Bandan; Pemkot Pastikan Tak Ada Penggusuran

sammy
 Pasca Kebakaran Kampung Bandan; Pemkot Pastikan Tak Ada Penggusuran

Jakarta, HanTer - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menawarkan rencana penataan kampung di RT 11, 12, dan 13 RW 05, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

 

Rencana penataan ditawarkan pasca musibah kebakaran di pemukiman yang  padat penduduk beberapa waktu lalu, sehingga tidak ada penggusuran pasca terbakarnya pemukiman tersebut.

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau memastikan, Pemrov DKI Jakarta tidak melakukan penggusuran terhadap warga terdampak kebakaran di Kampung Bandan. Justru, pihaknya melalui Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) menawarkan adanya penataan kampung.

"Kita pastikan tidak ada penggusuran atau pun relokasi warga ke rusun (rumah susun). Mereka tetap akan tinggal di lokasi itu," kata Syamsuddin, saat ditemui di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (19/5/2019).

Syamsuddin menegaskan, dalam pertemuan bersama perwakilan warga Kampung Bandan, ada beberapa penataan kampung. Antara lain meliputi penataan akses jalan, tempat ibadah, sekolah, sarana dan prasarana lingkungan, hingga hunian sementara (shelter). Sehingga para korban kebakaran bisa lebih nyaman lagi dengan tempat tinggal barunya tersebut.

"Ke depannya kami akan buatkan shelter untuk hunian sementara warga di sana. Nanti akan kita tata agar lingkungan itu laik huni," jelasnya.

Camat Pademangan, Mumu Mujtahid menerangkan, masa tanggap darurat di lokasi pengungsian diperpanjang hingga sepekan ke depan. Seluruh pelayanan baik pendistribusian makanan, logistik, hingga kesehatan tetap diprioritaskan bagi warga terdampak.

"Pengungsian masih berlanjut sampai tujuh hari ke depan. Sambil kita diskusikan kembali penawaran penataan kampung kepada warga," paparnya.

Saat ini sejumlah warga korban kebakaran di Kampung Bandan RW 05, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara mulai membangun rumah. Kebutuhan akan tempat tinggal yang layak menjadi alasan mereka kembali mendirikan rumah.

Sedikitnya ada 450 rumah hangus terbakar dan 3.500 jiwa kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran yang melanda Kampung Bandan RT 11, 12, dan 13, RW 05 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (11/5/2019) lalu.