Peringati 70 Hubungan Indonesia-Inggris; Anies dan Moazzam Lakukan Aksi Tanam Pohon

sammy
 Peringati 70 Hubungan Indonesia-Inggris; Anies dan Moazzam Lakukan Aksi Tanam Pohon

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menanam pohon sepatu dea di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Minggu (12/5/2019) untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik antara Inggris dan Indonesia.

"Gedung ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi Indonesia. Selain terletak di jantung kota Jakarta, gedung ini adalah tempat dirumuskannya naskah Proklamasi yang mengantarkan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka. Kami bangga menjadi bagian dari sejarah penting Indonesia, karena gedung ini sempat menjadi Kantor dan Kediaman Resmi Dubes Inggris hingga tahun 1982, Itulah mengapa kami memilihnya sebagai lokasi untuk perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris," ujar Duta Besar Inggris Moazzam Malik dalam acara penanaman pohon di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu.

Dubes Moazzam mengatakan Inggris adalah mitra dagang Indonesia yang memiliki visi global.

"Pohon yang kami tanam akan menggali akar yang dalam dan menemukan cabang yang lebat. Itu adalah simbol hubungan Indonesia dan Inggris selama 70 tahun dan di masa mendatang," kata dia.

Dubes Moazzam menambahkan, hubungan Inggris dengan Indonesia sangat erat dan luas melalui kerjasama di berbagai bidang mulai dari pendidikan, bisnis, perdagangan, perubahan iklim, sains, teknologi, anti-korupsi, dan masih banyak bidang lainnya.

"Selama 70 tahun, hubungan Indonesia dan Inggris sangat erat. Saya yakin kedua negara akan tetap berdiri bersama sebagai mitra dan sahabat setia, demi menciptakan sebuah dunia yang lebih damai dan makmur," kata Dubes Moazzam.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penanaman pohon menjadi sebuah pembukaan dan babak baru dalam meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Inggris.

"Acara penanaman pohon ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk berpartisipasi dalam perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris" ujar Anies.

Anies mengharapkan hubungan Indonesia dan Inggris akan semakin meningkat di berbagai bidang.

"Di tahun mendatang akan banyak kerjasama dan potensi antara kedua negara. Saya harap hubungan Indonesia dan Inggris semakin kuat," ujar dia.

Anies mengatakan pemilihan tempat ini menjadi penting dimana menyimpan sejarah bagi perjalanan Indonesia.

"Kita akan merawat pohon yang ditanam. Penanaman pohon ini kami maknai bukan hanya perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris, melainkan juga untuk membuat kembali Jakarta menjadi kota yang hijau," kata dia.