Ahli Waris Pengurus RT/RW Terima Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Arbi
Ahli Waris Pengurus RT/RW Terima Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Jakarta, HanTer - Kepala Kantor Cabang Badan Penyenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Jakarta Sudirman Erni Purnamawati secara simbolis menyerahkan santunan Jaminan Kematian sebesar Rp. 24.000.000 kepada masing - masing ahli waris pengurus RT/RW di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019).

Alm. Ahmad Yazid sehari – harinya bertugas sebagai ketua RT 001 RW 002 Menteng Dalam, namun malang tak dapat dihindari Almarhum meninggal dunia dikarenakan sakit pada tanggal 8 Maret 2019, Almarhum sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak Juli 2017.

Di kesempatan yang sama juga di serahkan secara simbolis klaim Jaminan Kematian kepada ahli waris Almarhumah Tri Asih Hardjati yang bertugas sebagai Pengurus PKK RW 001 Menteng Dalam, Almarhuma meninggal dunia karena sakit pada Februari 2019 dan telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak Maret 2018.

 "Kami terus melakukan perluasan perlindungan pekerja formal dan informal, seperti menyisir UMKM, RT RW, LMK, FKDM, PKK, Jumantik dan dasa wisma, tujuannya sudah tentu untuk memberikan perlindungan terhadap berbagai resiko kerja. Dengan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan ada lembaga yang menanggung seluruh pembiayaan ketika kecelakaan atau meninggal dunia”, Ujar Erni.

Santunan ini merupakan hak dari ahli waris perserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia, pihak BPJS Ketenagakerjaan berharap dengan santunan yang diberikan keluarga yang ditinggalkan tetap dapat melangsungkan kehidupan dengan layak.

"Dengan demikian keberlangsungan hidup terus berlanjut, edukasi ini lah yang sering kami sampaikan sehingga pelaku usaha mikro mengikuti program BPJS ketenagakerjaan karena kebutuhan dan bukan keharusan”, ungkap Erni.

Selain manfaat dari empat program yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaa, yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Pensiun (JP), perserta juga mendapatkan manfaat tambahan layanan (MLT) seperti bantuan uang muka pembelian rumah dalam skema KPR dan keringanan suku bunga.

Tidak hanya itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program co-marketing. Program ini juga merupakan manfaat tambahan bagi peserta, di mana dengan menunjukkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan diskon di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, seperti diskon hotel, restoran, tiket pesawat dan lainnya.

“Ini dapat diakses melalui aplikasi BPJSTKU pada ponsel pribadi tenaga kerja,” kata Erni.