Perangkat RT/RW Juga Berhak Terlindungi Jaminan Sosial

Arbi
Perangkat RT/RW Juga Berhak Terlindungi Jaminan Sosial
Suasana sosialisasi terkait pentingnya program jaminan sosial ketenagakerjaan yang digelar oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Cilincing, di Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

Jakarta, HanTer – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Cilincing menggelar sosialisasi pentingnya program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada perangkat daerah di Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

Bertempat di RPTRA Semper Barat, kegiatan itu dihadiri oleh Lurah Semper Barat, Benhard,  Sekretaris Lurah dan 100 peserta yang terdiri dari perangkat RT,RW, FKDM, dan Kader Jumantik.

Sosialisasi kali ini menekankan kepada pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan sosial yang disediakan oleh negara melalui BPJS Ketenagakerjaan.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi program BPU dapat memberikan kesadaran akan pentingnya manfaat program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan dan turut ikut serta dalam program tersebut,” ungkap Lurah Semper Barat, Benhard. Rabu (10/4/2019).

Dengan adanya perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, para perangkat RT, RW, FKDM, kade Jumantik merasa aman dan terlindungi dalam bekerja baik di dalam maupun di luar kantor.

“Kami menghimbau para peserta untuk mengikuti program BPU karena akan mendapatkan perlindungan dan keamanan selama bekerja,“ tambah Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cilincing, Yudi Amrinal.

Ia menjelaskan, Program Bukan Penerima Upah diberikan kepada pekerja diluar hubungan kerja atau pekerja mandiri. Salah satu manfaat dari program Bukan Penerima Upah adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

 Iuran JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) senilai 1%, Jaminan Kematian senilai Rp.6.800, dan Jaminan Hari Tua senilai 2% dari nominal yang dilaporkan.

“Iuran untuk program BPU sangat murah tetapi memberikan manfaat yang besar bagi peserta yang ikut terutama pekerja mandiri di lingkungan Kelurahan Semper Barat,” kata yudi.