Kendaraan Parkir Liar Harus Terus Ditindak Tegas

Danial
Kendaraan Parkir Liar Harus Terus Ditindak Tegas
Bastian aktivis LSM Gerakan Pribumi Indonesia (Geprindo)

Jakarta, HanTer - Bastian aktivis LSM Gerakan Pribumi Indonesia (Geprindo) mengatakan pihaknya mendukung kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, guna tertib lalu lintas dan terus menertibkan kendaraan yang parkir secara liar.

"Suka tidak suka kita harus untuk taat kepada peraturan. Supremasi hukum harus ditegakkan agar kota Jakarta semakin tertib dalam hal pengaturan kendaraan bermotor. Oleh karena itu harus ada kajian yang matang apakah peraturan bisa diterapkan secara utuh atau tidak," ujar Bastian kepada Harian Terbit di Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Bastian menjelaskan, hal ini agar lebih mendorong penggunaan kendaraan pribadi beralih ke kendaraan umum pemerintah DKI harus berani menerapkan pembatasan penggunaan kendaraan bermotor.

"Seperti yang dilakukan oleh negara Singapura di mana setiap 10 tahun kendaraan sudah dilarang untuk beroperasi alias harus dijadikan besi tua atau pemilik kendaraan harus rela membayar pajak yang lebih mahal. Kebijakan ini akan membuat warga berpikir dua kali untuk membeli kendaraan pribadi," paparnya.

Ditambahkan lagi, di sisi lain pemerintah DKI juga harus segera menyediakan transportasi umum yang nyaman dan terintegrasi secara efisien dari permukiman ke ke titik-titik aktifitas warga DKI Jakarta.

"Jika tidak saya khawatir penggunaan kendaraan mobil akan beralih ke kendaraan motor dan ini akan mengakibatkan Jakarta semakin semrawut," pungkas Bastian.