Kejuaraan Sepeda Bergengsi Awal Tahun di Velodrome

Anu
Kejuaraan Sepeda Bergengsi Awal Tahun di Velodrome
Pesepeda berkumpul mengikuti event Jakarta Night Ride di Jakarta International Velodrome (JIV), Jumat (4/1) malam kemarin. Venue JIV pada 8-13 Januari 2019 akan menjadi venue kejuaraan Asian Championship.

Jakarta, HanTer- Jakarta International Velodrome (JIV) akan kedatangan para pesepeda dari berbagai negara yang ada di Asia, karena untuk pertama kalinya, pada tanggal 8-13 Januari 2019 akan berlangsung Kejuaraan Asian Championship Track.

Kepala Pelatih Tim Nasional Indonesia PB ISSI, Dadang Haries Purnomo menjelaskan kejuaraan ini menjadi penting dan perhatian para atlet sepeda nasional dari berbagai negara di benua Asia karena menjadi salah satu peluang mendapatkan tiket Olimpiade Tokyo 2020.

"Kita perlu berbangga karena Jakarta International Velodrome ini akan langsung menjadi venue kejuaraan Asian Championship khusus nomor track yang akan diikuti oleh pembalap sepeda terbaik di Asia," ujar Dadang, Jumat (4/1) saat mengikuti Jakarta Night Ride di JIV.

Dikatakannya saat ini sejumlah pesepeda di Asia tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Olimpiade Tokyo dan mereka berlomba-lomba untuk mengumpulkan point sebanyak-banyaknya. Ada 254 atlet yang berasal dari 16 negara di Asia dalam kejuaraan ini. 

"Salah satunya melalui kejuaraan Asia setahun sekali ini dan mempunyai poin cukup tinggi. Bahkan atlet yang meraih juara pertama atau mendali emas akan langsung lolos ke Olimpiade 2020 nanti," ungkapnya.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB ISSI, Sugeng Tri Hartono menyebutkan dirinya baru pertama kali mengikuti JNR di Jakarta International Velodrome dan melihat kegiatan kampanye bersepeda publik ini bisa menjadi nilai tambah keberadaan venue.

"Pasti nantinya akan muncul bibit-bibit atlet pesepeda yang akan muncul dari berbagai komunitas yang mengikuti JNR ini. Apalagi kita kedepannya akan semakin banyak event di Velodrome ini sehingga event bersepeda perlu digerakkan dan diikuti masyarakat," kata Sugeng.

Sejak kegiatan Jakarta Night Ride ke IX dan X juga dilaksanakan donasi bagi masyarakat korban bencana tsunami Selat Sunda dengan membeli kopi dari stand yang ada di venue Velodrome.

"Pendapatan booth kopi seluruhnya akan didonasikan untuk memberikan bantuan kepada korban tsunami Selat Sunda. Ini tanda bahwa para pesepeda juga peduli dengan saudara-saudara kita di Pandeglang & Lampung Selatan," kata Umar Haris salah satu barista stand kopi.