• Selasa, 7 Februari 2023

Ahli Pidana: Hasil Tes Poligraf Bisa jadi Alat Bukti Sah

- Rabu, 28 Desember 2022 | 16:15 WIB
Ahli Pidana Dr. Albert Aries di Pengadilan Negeri Jaksel, Rabu (29/12/2022). (Ikbal Muqorobin)
Ahli Pidana Dr. Albert Aries di Pengadilan Negeri Jaksel, Rabu (29/12/2022). (Ikbal Muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Hasil tes kejujuran atau poligraf dapat dijadikan alat bukti dalam persidangan. Hal itu menjadi alat bukti sah jika disampaikan oleh seorang ahli.

Pandangan tersebut disampaikan Ahli Hukum Pidana Dr. Albert Aries saat menjadi saksi dalam persidangan perkara pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan terdakwa Bharada E atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Rabu, 28 Desember 2022. 

Albert menjelaskan dalam KUHP alat bukti diatur dalam pasal 184 KUHAP yang limitatif yakni ada saksi, surat, ahli, petunjuk dan keterangan terdakwa. Metode poligraf belum diatur didalamnya sebagai barang bukti karena KUHP tersebut disusun sejak 1981. 

Baca Juga: Biadab! Hanya Gegara Ditegur Knalpot Bising Ibu dan Bayi Dibunuh

"Ketika ada metode seperti itu yang mungkin belum termaktub atau diatur dalam KUHAP karena prinsip hukum acara itu limitatif dan interaktif, terbatas dan memaksa. Kita ketahui KUHAP ini dari tahun 81 banyak tidak update dengan perkembangan terkini, teknologi sebagainya," katanya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Namun saat has tes tersebut disampaikan oleh seorang ahli maka dapat menjadi alat bukti yang sah dalam persidangan. Namun pertimbangan dijadikannya sebagai alat bukti yang sah merupakan kewenangan penuh majelis hakim.

"Maka ketika hasil pemeriksaan itu dibunyikan oleh keterangan ahli maka dia bisa menjadi alat bukti yang sah. dan sepenuhnya pertimbangannya otoritatif hakim untuk menilai," tandas dia. 

"Saya perlu tegaskan bahwa petunjuk yang merupakan asesor evidence itu tidak bisa mendapatkan dari alat bukti ahli, tapi kedudukan yang sudah dibunyikan tadi memiliki kekuatan pembuktian sebagai alat bukti yang sah," imbuh Dosen Fakultas Hukum di Universitas Trisakti ini. 

Baca Juga: Kata Jokowi Soal Larangan Penjualan Rokok Batangan

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Dilanjutkan

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:29 WIB

Rencana JPO Dikenakan Biaya Dinilai Beratkan Warga

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:13 WIB

Perawat Gunting Jari Bayi jadi Tersangka

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:20 WIB

HPSN 2023, Yok Ikut Tur Gowes 'Jelajah Bersih Negeri'

Selasa, 7 Februari 2023 | 09:54 WIB
X