Kowarteg dan Pedagang Bubur Gelar Deklarasi Dukung Ganjar Presiden 2024

- Minggu, 11 Desember 2022 | 15:25 WIB
Relawan ganjar membagikan paket makanan dan kaos.
Relawan ganjar membagikan paket makanan dan kaos.

HARIANTERBIT.com  - Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia bersama dengan pedagang pasar, pedagang bubur ayam se-Jakarta Timur mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024.

Sekjen Kowarteg Indonesia, Seno Airlangga, mengatakan, Ganjar merupakan figur pemimpin yang mau terjun langsung ke masyarakat untuk menyerap aspirasi dan secara maksimal merealiasikan aspirasi tersebut. Hal itu dapat dilihat saat Ganjar menjadi Gubernur Jawa Tengah, maupun saat menjadi anggota DPR RI.

"Pak Ganjar orangnya ramah, peduli dengan masyarakat kecil, peduli dengan pedang pasar. Ia turun ke bawah tidak sungkan-sungkan turun langsung menyelsaikan masalah yang ada di masyarakat," kata Seno usai deklarasi di Pasar Demang Kayu Putih, Jakarta Timur, Minggu, 11 Desember 2022.

Baca Juga: Pangkalan Militer Raksasa Rusia di Kota Melitopol jadi Sasaran Rudal Ukraina

Menurut Seno, para pedagang menyambut baik dan antusias saat sosialisasi hingga deklarasi Ganjar Presiden 2024. Seno menuturkan, kebijakan Ganjar banyak berpihak pada pedagang pasar, diantaranya yaitu adanya program revitaliasi pasar yang dilakukan di Jawa Tengah (Jateng).

Ganjar selaku Gubernur Jateng telah membangun dan memperbaiki 79 pasar di Jateng menjadi lebih modern. Selama menjabat sebagai Gubernur Jateng pada 2013-2022, Ganjar telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 360 miliar untuk membangun dan merevitalisasi pasar.

Seno menyatakan, Ganjar terus membangun dan merevitalisasi pasar tradisional, untuk mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan.

Kowarteg Indonesia berharap program revitalisasi pasar, yang di dalamnya ada unsur para pedagang, dapat direalisasikan dalam skala nasional ketika Ganjar menjadi Presiden 2024.

"Program Lapak Ganjar, revitalisasi pasar di Jateng, program ini bisa di terapkan dalam skala nasional apabila Ganjar menjadi Presiden," ujar Seno.

Tak hanya merevitalisasi pasar, Ganjar juga memberikan kredit murah yang bisa dimanfaatkan oleh pedagang pasar melalui program Kredit Lapak.

Baca Juga: Bounou, Kiper Tangguh Maroko Ini Ternyata Nyaris Bela Kanada

Adapun besaran pembiayaan yang diberikan lewat program tersebut adalah maksimal Rp 25 juta dengan suku bunga sebesar 2 persen.

Selain itu, Ganjar juga menggulirkan program untuk masyarakat, di antaranya Mesra dengan Ganjar (Melindungi Seluruh Pekerja dengan Gerakan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan), bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), asuransi nelayan, hingga bantuan listrik murah bagi keluarga tak mampu.

Dalam deklarasi, Kowarteg Indonesia bersama pedagang bubur ayam berkomitmen menjunjung tinggi nilai-nilai keindonesiaan dalam menciptakan kerukunan dan menghindari perpecahan.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

X