Hakim Ketua Sidang Brigadir J Dilaporkan ke KY, Begini Respon PN Jakarta Selatan

- Kamis, 8 Desember 2022 | 12:23 WIB
Hakim Ketua Wahyu Iman Santoso saat memimpin sidang perkara pembunuhan Brigadir J di PN Jakarta Selatan.  (ikbal muqorobin)
Hakim Ketua Wahyu Iman Santoso saat memimpin sidang perkara pembunuhan Brigadir J di PN Jakarta Selatan. (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Tim hukum Kuat Ma'ruf melaporkan hakim ketua perkara pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat, Wahyu Iman Santoso ke Komisi Yudisial (KY). Hakim Ketua sidang Brigadir J ini dilaporkan Dalam dugaan pelanggaran kode etik.

Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Djuyamto menganggap pelaporan kode etik terhadap Wahyu yang juga merupakan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan bukan hal yang luar biasa.
 
"Saya kira tidak menjadi hal yang luar biasa," katanya saat dihubungi, Kamis, 8 Desember 2022. 
 
 
Djuyamto mengatakan pelaporan tersebut merupakan hak yang diberikan kepada pihak-pihak yang tengah berperkara di pengadilan. 
 
"Itu menjadi hak para pihak berperkara untuk menyikapi apa yang dilakukan hakim dalam melakukan tupoksinya. Termasuk menyampaikan laporan ke KY maupun ke Bawas," jelas Djuyamto.
 
Tim hukum Kuat Ma'ruf melaporkan hakim ketua perkara pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat, Wahyu Iman Santoso ke Komisi Yudisial. Kuasa hukum Kuat, Irwan Irawan mengatakan selain melapor ke Komisi Yudisial, Wahyu juga dilaporkan ke Badan Pengawas Mahkamah Agung.
 
 
"Iya lapor ke Komisi Yudisial, ketua majelisnya, sama ke Bawas Mahkamah Agung," katanya saat dihubungi, Kamis 8 Desember 2022. 
 
Irwan menjelaskan Wahyu dilaporkan karena dugaan kode etik saat memimpin persidangan untuk Kuat Ma'ruf. Disebutkan Wahyu dianggap berpihak dalam memimpin sidang. 
 
"Kaitannya dengan kode etik karena dalam beberapa persidangan pemeriksaan saksi banyak kalimat-kalimat ketua majelis yang sangat tendensius kami lihat," ungkapnya.
 
Surat laporan dugaan pelanggaran kode etik oleh Wahyu disampaikan ke Komisi Yudisial pada Rabu, 7 Desember 2022.***
 
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolres Pukul dan Tendang Anak Buah Hingga Terkapar

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:14 WIB

Akhlak Baik

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:26 WIB

Curi Perhiasan, Dua Sejoli Ditangkap

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:39 WIB

Mendisiplinkan Diri

Kamis, 26 Januari 2023 | 06:26 WIB
X