Origami, Itu yang Ditinggalkan Timnas Jepang di Qatar

- Selasa, 6 Desember 2022 | 16:08 WIB
Timnas Jepang selalu tinggalkan ucapan terima kasih kepada tuan rumah, plus origami sebagai hadiahnya.  (SunSport)
Timnas Jepang selalu tinggalkan ucapan terima kasih kepada tuan rumah, plus origami sebagai hadiahnya. (SunSport)
HARIANTERBIT.com - Skuad Timnas Jepang tinggalkan beberapa origami berbentuk bangau dan pesan terima kasih yang menyentuh saat harus angkat koper dari Qatar dan mengubur mimpi indah di Piala Dunia usai kalah dari Kroasia di babak adu penalti.

Di salah satu meja di tengah ruang ganti, para pemain Samurai Blue tinggalkan beberapa origami berbentuk bangau dan secarik kertas berisi tulisan 'terima kasih' dalam tulisan Arab dan Jepang.

Timnas Jepang semula berhasil kalahkan Jerman dan Spanyol dengan skor sama, 2-1, tapi kalah 0-1 dari Kosta Rika. Di laga babak 16 besar Piala Dunia 2022, Jepang kalah dalam adu penalti melawan Kroasia di babak 16 besar dengan skor 1-3 (1-1).
 
Baca Juga: Ramalan Tarot Mingguan 6 – 12 Desember 2022 untuk 6 Zodiak: Taurus, Kesuksesan sudah Dijamin

Timnas Jepang sebenarnya berhasil unggul lebih dulu lewat gol keren Daizen Maeda di menit 43. Namun Kroasia menyamakan kedudukan lewat gol Ivan Perisic di menit 55. Skor imbang 1-1 ini kemudian bertahan hingga babak perpanjangan waktu.

Saat harus beradu dengan Kroasia di babak adu penalti, sayangnya tim Samurai Blue itu hanya bisa mencetak satu gol. Kroasia pun berhasil amankan tempat di perempat-final Piala Dunia Qatar di mana mereka akan bertemu Brasil pada Jumat malam, 9 Desember 2022.

Walau Kalah, Timnas Jepang Tetap Bersih-bersih Ruang Ganti

Hati para pemain Timnas Jepang dipastikan hancur setelah mereka tersingkir di babak 16 besar turnamen empat tahunan ini. Usai kalah dalam adu penalti, anak asuh Hajime Moriyasu itu tak bisa menahan air mata. 
 
Meski demikian, skuad Samurai Blue tetap telaten membersihkan ruang ganti mereka dan meninggalkannya dalam kondisi amat sangat bersih!
 
Baca Juga: Gempa Jember Terasa Hingga ke Malang, BPBD: Tidak Ada Kerusakan

Pemain Jepang juga membuat beberapa origami berbentuk bangau dalam beberapa ukuran, yang sengaja mereka tinggalkan di meja di ruang ganti tersebut sebagai hadiah untuk tuan rumah. 
 
Tak lupa mereka selipkan secarik kertas bertuliskan 'terima kasih', di tempat di mana Jepang baru saja mengukir catatan bersejarah baru dengan kalahkan Timnas Jerman dan Spanyol.

Hal yang Biasa Dilakukan Skuad Samurai Blue

Timnas Jepang sebelumnya juga lakukan hal sama saat kalah dari Belgia - di saat mereka dilingkupi kesedihan yang sama, di Piala Dunia 2018.

Jepang juga tinggalkan ucapan terima kasih dan origami ketika mereka kalah dari Qatar di Piala Asia tahun 2019, sementara suporter mereka juga tunjukkan hal yang tak berbeda.
 
Baca Juga: Masyarakat Banten Diminta Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang Yang Akibatkan Bencana Alam

Di akhir laga pembuka Piala Dunia 2022 antara Qatar dan Ekuador misalnya, suporter asal Jepang lakukan bersih-bersih di tribun penonton - meskipun bukan tim negara dari mereka yang bertanding saat itu.

Timnas Jepang Raih Pencapaian Tak Terlupakan

Harus diakui, meskipun tersingkir Samurai Blue tetap tunjukkan permainan menghibur yang luar biasa di sepanjang turnamen ini.
 
Baca Juga: Ada Potensi Pergerakan Tanah di 10 Titik Wilayah Jakarta, Warga Diminta Waspada

Apalagi mereka berhasil raih kemenangan mengejutkan yang pastinya tak akan terlupakan, di laga melawan Jerman dan Spanyol, di mana skuad Hajime berhasil mengalahkan juara 2014 untuk lolos ke babak sistem gugur. ***

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Indonesia Masters 2023 Memasuki Hari Ketiga

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:50 WIB

Sam Allardyce Ungkap Bobroknya Performa Everton

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:25 WIB

Danau Toba Siap Sukseskan F1 Powerboat 2023

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:13 WIB

Everton Dekati Bielsa usai Pecat Lampard

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:45 WIB

Milan Dicukur Lazio, Ada Apa Rossoneri?

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:34 WIB
X