Kirim Surat ke BPN, Pemilik Tanah di Daan Mogot Minta Perlindungan Hukum

- Selasa, 6 Desember 2022 | 12:31 WIB

HARIANTERBIT.com – Sengketa tanahnya tak kunjung usai, Munaroh selaku ahli waris Mail Bin Saijan yang mengklaim memiliki tanah di Jalan Daan Mogot Nomor 170, RT 10/01, Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mengirim surat ke Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Barat, pada Senin 4 Desember 2022.

Munaroh bersama kuasa Keluarga, Wigit Supirno dan Andi Widjaja, mengatakan pihaknya telah mengajukan surat permohonan penerbitan sertipikat ke BPN Jakarta Barat yang kemudian dibuktikan dengan penerbitan peta bidang atas tanah milik keluarga ahli waris Mail Bin Saijan.

Namun masalah muncul, setelah dua pihak berbeda mengklaim tanah itu, yaitu PT BCS yang membeli dari hasil lelang No : 227/2012 tanggal 12 Agusus 2012 yang dikeluarkan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jendral Kekayaan Negara Kantor Wilayah VII DJKN Jakarta KPKNL Jakarta.

Serta seorang warga berinisial BBD berdasarkan Acte Van Elgendom Verponding No. 20102 tanggal 12 Oktober 1937 yang dibuat oleh Joan Cornelis Meyer Notaris di Batavia.

Baca Juga: Hendra Kurniawan Bingung Jelaskan ke Kapolri saat Ditanya Peristiwa Pelecehan Putri

Terhadap dua pihak itu, Munaroh curiga ada kejanggalan, salah satunya PT. BCS yang terungkap NJOP PBB dan lokasinya berbeda dari milik Munaroh.

"Ini dibuktikan dengan terbitnya pemberitaan di salah satu media yang menjelaskan bila Lurah Kedoya Utara DA divonis bersalah lantaran mengeksekusi tanah milik Munaroh dan melanggar Pasal 266 ayat (1) KUHP," jelas Wigit, dalam pernyataannya, Selasa (6/12/2022).

Tak hanya itu, ia juga mengaku dirugikan dengan sikap kuasa hukum sebelumnya yang kala itu memberikan pendampingan saat melakukan pemeriksaan di Polres Jakarta Barat.

Kala itu, di mana sikap kuasa hukum membuat perjanjian damai dengan pihak BBD yang dibuktikan dengan melakukan pembatalan surat permohonan penerbitan peta bidang tanah ditempat itu.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Polisi Peras Polisi Diungkap Polisi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 17:31 WIB

Tokoh Muda NU Bela OJOL, Tolak Bayar ERP

Jumat, 3 Februari 2023 | 21:08 WIB

Waka Komisi IX: Butuh Tindakan Tegas Atasi Kasus TPPO

Kamis, 2 Februari 2023 | 23:55 WIB
X