Mudahnya Klaim JHT Lewat Aplikasi JMO Tanpa Perlu Jasa Calo

- Sabtu, 26 November 2022 | 23:04 WIB
BPJamsostek Mobile, aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan guna memudahkan peserta dan masyarakat memperoleh informasi manfaat dan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
BPJamsostek Mobile, aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan guna memudahkan peserta dan masyarakat memperoleh informasi manfaat dan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

HARIANTERBIT.com – Tren kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) tercatat masih tinggi kendati situasi pandemi mulai terkendali. Tingginya PHK secara otomatis mempengaruhi tingkat pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Melihat hal ini, BPJamsostek melalui Kantor Cabang Jakarta Rawamangun memastikan komitmennya untuk mempermudah pekerja korban PHK dalam pencairan JHT. Berbagai kemudahan diberikan juga bertujuan untuk menghindari penggunaan jasa calo yang saat ini masih berkeliaran.

Fasilitas pengajuan klaim JHT salah satunya bisa lewat aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile yang dapat diunduh oleh seluruh peserta pengguna smartphone. Keunggulan aplikasi ini, peserta kian dapat dengan mudah melakukan pencairan dana JHT hingga pengecekan saldo JHT.

“Peserta tinggal mengunduh aplikasi JMO di playstore atau appstore, kemudian melakukan registrasi data diri secara lengkap. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan mempermudah akses terhadap layanan ke pada peserta tanpa harus datang ke kantor, bagi peserta yang mengajukan klaim JHT di bawah Rp10 juta,” jelas Lucy, Sabtu. 

Dalam aplikasi JMO, peserta bisa mengakses layanan seperti pengajuan pencairan JHT, tracking klaim, cek saldo JHT, penggabungan saldo lebih dari 1 kartu, pengkinian data, hingga menampilkan kartu kepesertaan digital.

Sedangkan bagi peserta yang saldonya di atas Rp10 juta dapat memanfaatkan Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) melalui lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id atau datang ke kantor cabang BPJamsostek sesuai keinginan peserta.

Sebagai informasi, ketentuan pengajuan klaim JHT berdasarkan Permenaker Nomor 4 Tahun 2022 yaitu, bagi peserta yang mengundurkan diri dan peserta terkena PHK dapat mengajuan klaim JHT  secara tunai dan sekaligus setelah melewati masa tunggu satu bulan.

Secara rinci, pengajuan klaim JHT  lewat aplikasi JMO sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi JMO di smartphone, kemudian pilih menu Jaminan Hari Tua
  2. Pada halaman Jaminan Hari Tua, Pilih menu Klaim JHT.
  3. Jika memenuhi syarat, muncul 3 centang hijau pada persyaratan pengajuan Klaim JHT melalui aplikasi JMO, kemudian klik Selanjutnya.
  4. Pilih salah satu Sebab Klaim, kemudian klik Selanjutnya.
  5. Lakukan Pengecekan Data Kepesertaan. Jika data sudah benar, silakan pilih Sudah.
  6. Lakukan swafoto dengan klik Ambil Foto dengan ketentuan seperti pada layar.
  7. Lengkapi Data NPWP dan Rekening yang aktif, kemudian klik Selanjutnya.
  8. Pada halaman Rincian Saldo JHT ditampilkan rincian saldo yang akan dibayarkan, kemudian klik Selanjutnya.
  9. Lakukan pengecekan ulang keseluruhan data untuk memastikan data sudah benar sebelum data tersimpan, Jika data sudah benar, silakan klik Konfirmasi.
  10. Selamat pengajuan klaim JHT anda diproses. Untuk melihat proses klaim dapat membuka menu Tracking Klaim.

Dalam kesempatan itu, Lucy juga mengingatkan kepada perusahaan atau pemberi kerja untuk mendaftarkan pekerjanya ke dalam perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, yang kini terdapat 5 program. Yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Selingkuh, Polda Metro Tahan Kompol D

Rabu, 1 Februari 2023 | 12:18 WIB

Kuasa Hukum Minta Ricky Rizal Divonis Bebas

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:55 WIB

Daftar Lengkap Pemain MPL ID S11

Selasa, 31 Januari 2023 | 14:55 WIB

Pihak Ferdy Sambo Tuding Jaksa Frustasi

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:28 WIB
X