Bakal Terjadi Gelombang PHK, Kaum Buruh Ramai Sampaikan Kritik

- Sabtu, 26 November 2022 | 16:10 WIB

HARIANTERBIT.com - Buntut akan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja dan perusahaan, dimana artinya harus ada alasan kuat tertentu dari berbagai perusahaan yang bakal melakukan PHK menuai tanggapan dan kritik.

Diantaranya datang dari Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal yang melontarkan kritik dengan mengatakan, bahwa para pengusaha itu cengeng.

Pengusaha tekstil dan sepatu dengan menyebut mereka cengeng, sindir Said Iqbal menanggapi terkait keluhan sejumlah pengusaha terkait beberapa beban usaha, salah satunya upah. 

Baca Juga: Elektabilitas Airlangga Hartarto Rendah, Suara Golkar Bakal Rontok di Pemilu 2024, Lembaga Survei Dituding Ini

Dia juga menyindir terkait gembar-gembor yang mereka sampaikan kalau beban upah tak dikurangi, badai PHK di industri padat karya bakal menimpa pekerja di Indonesia.

Dikarenakan adanya beban yang terjadi di tengah penurunan permintaan akibat tekanan ekonomi global. "Ini pengusaha ini cengeng, pengusaha tekstil indonesia. (Pengusaha) sepatu, sudah untungnya gede mau dapet fasilitas bintang lima, bayar upah buruh kaki lima," sindirnya Jumat 25 November 2022.

Sejumlah pengusaha, khususnya dari industri tekstil belakangan ini mengeluh. Keluhan mereka sampaikan terkait tekanan ekonomi global belakangan ini, yang mana mereka menyebutkan masalah itu telah menurunkan permintaan sampai dengan 30 persen.

Baca Juga: Dampak Resesi Global ke Indonesia, Pengamat: Kita Masih Punya Harapan

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan karena penurunan permintaan tersebut, pihaknya akhirnya harus mem-PHK sekitar 45 ribu buruh. 

Supaya ancaman PHK itu tidak meluas, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendesak Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerbitkan aturan berisi fleksibilitas jam kerja dengan prinsip no work no pay (tidak bekerja, tidak dibayar).

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selingkuh, Polda Metro Tahan Kompol D

Rabu, 1 Februari 2023 | 12:18 WIB

Kuasa Hukum Minta Ricky Rizal Divonis Bebas

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:55 WIB

Daftar Lengkap Pemain MPL ID S11

Selasa, 31 Januari 2023 | 14:55 WIB

Pihak Ferdy Sambo Tuding Jaksa Frustasi

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:28 WIB
X